Rabu, Januari 30, 2013

Cerita Batik dalam Daun Maple



Prolog

Sejarah Kejayaan masa lalu yang kita miliki wajib untuk  dijadikan sebagai kekuatan untuk terus bergerak maju ke depan. Kita punya leluhur yang kuat dan tangguh untuk terus memperjuangkan kemenangan demi kemenangan. Nilai- nilai luhur sejarah bangsa Indonesia patut menjadi sebuah alur cerita yang dapat menjadi referensi untuk tetap berjuang dan tak mengenal kata menyerah. Sudah saatnya kegamangan yang kita rasakan di perjuangkan untuk mendapatkan kemenangan itu kembali. Optimis dengan berbagai hal yang kita miliki sebagai Bangsa Indonesia.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya raya. Namun terkadang pesimis bertandang dalam hati kita masing-masing. Terlalu banyak permasalahan yang terjadi kadang menumpulkan runcingnya optimisme yang kita miliki. Akan tetapi, dengan berprasangka baik kita semestinya bisa melihat dari sisi lain. Keberagaman budaya dari Sabang sampai Merauke, kekayaan alam serta keindahan Ibu Pertiwi merupakan anugerah Maha Kuasa yang senantiasa patut untuk selalu kita syukuri.

Akan ada banyak hal yang bisa kita ceritakan terkait dengan Bangsa Indonesia. Namun kali ini, aku akan sedikit bercerita terkait pengalaman sewaktu mengikuti program Pertukaran Pemuda Indonesia Kanada. Program yang memiliki dua fase yakni Kanada dan Indonesia. Mulai dari awal Oktober hingga akhir Desember 2012, aku berada di Kanada. Program yang diadakan MENPORA dan CWY melibatkan pemuda dari berbagai provinsi di Indonesia dan pemuda dari Kanada. Untuk saling berbagi, belajar bersama, dan saling mengenal budaya.



Serangkaian Cerita Batik

Batik menjadi bagian dari identitas diri bangsa Indonesia. Dunia telah mengakui akan hal tersebut. Dalam program pertukaran pemuda Indonesia Kanada, sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk mempersiapkan batik dari provinsi masing-masing. Sebelum pemberangkatan ke Kanada kami mengikuti PRE DEPARTURE TRAINING (PDT) , di PDT kami punya hari khusus untuk mengenakan batik. Kami akan mengenakan batik dengan pola batik dan warna berbeda. 


Foto bersama selepas materi di PDT. (sumber foto: pribadi)


Sebelum mengikuti PDT, salah seorang dari kami telah merancang dan memesan batik untuk di kenakan bersama dalam program. Hingga akhirnya, kami bisa memiliki seragam batik yang berwarna merah menawan pandangan.

Foto seragam batik (sumber foto: pribadi)

Singkat cerita, setelah tiba di Kanada.  Kami di tempatkan di HOST FAMILIY yang berbeda-beda. Aku kemudian bertemu dengan KEVIN dan GWENETH yang akan menjadi HF selama tiga bulan ke depan. GWENETH telah mengenal batik jauh sebelum aku berniat untuk memperkenalkannya. Kevin pun demikian, mereka telah mengenal batik.  Kevin dan GWENTH sepasang kekasih yang memiliki harmonisasi yang kuat. Kesamaan telah mengajarkan mereka untuk terus saling mencintai dan berbagi satu sama lain. Mereka memiliki latar belakang yang sama, Kevin sebagai Direktur Galeri Kota CHARLOTTETOWN, dan GWENETH sebagai dosen yang mengajarkan tentang seni. 

Maka, dari mereka aku pun belajar untuk menikmati seni.  Bukti dari mereka telah mengenal batik adalah peralatan yang tersedia di rumahnya. Ada canting yang di gunakan untuk membatik, di pesan langsung melalui penjualan Online. Ada sekitar 30 canting yang di gunakan untuk mengajarkan batik di kampusnya. GWENTH memberikan kami kesempatan sehabis makan malam untuk membuat desain batik dari peralatan yang ada. Sekaligus memperlihatkan desain batik yang pernah di buatnya.


Eliot yang sedang belajar membatik (sumber gambar: pribadi)



Ya, GWENTH senang untuk mendengar cerita tentang Indonesia. Batik apalagi, satu hari nanti Kevin dan GWENTH akan ke Indonesia. Mereka bilang kepadaku, s
ewaktu Kevin ulang tahun, aku menghadiahkan baju batik untuknya. Untuk Kevin dan Gwenth. Mereka sungguh menyukai batik. 

*

Dalam program ini kami memiliki COUNTERPART (disingkat CP) yang akan menjadi partner selama program. Ada sembilan peserta Indonesia untuk CHARLOTTETOWN, dengan CP masing-masing. Beberapa CP telah mendapatkan batik, namun tepat saat Peringatan Sumpah Pemuda di Kanada untuk peserta Indonesia kami menggunakan seragam A1 dan para Kanadian menggunakan batik merah seragam kami.

Sumpah Pemuda di Kanada (sumber gambar : pribadi)

Mereka senang mengenakan batik. Saat program Fase Kanada berakhir di 28 Desember 2012, kami sudah menyusun rencana untuk batik. Sebelum fase Indonesia berlanjut, para  peserta dari Kanada memiliki kesempatan untuk mencari batik di Jakarta. Mereka telah mempersiapkan dana khusus untuk membeli batik. Sebelum pulang ke Kanada mereka masih punya waktu untuk berkunjung di butik batik. Bahkan sebelum waktu itu tiba, sudah ada yang mulai mengumpulkan batik dengan berkunjung ke toko batik di daerah sekitar. Untuk di jadikan bingkisan dari Indonesia untuk keluarga mereka di Kanada. Batik akan menjadi bingkisan menarik dan unik untuk di bawa ke Negeri Daun Maple.   

Epilog

Batik merupakan warisan budaya yang mesti di jaga. Ada banyak cerita tentang batik, semua akan menjadi bukti bahwa kita sebagai bangsa yang kuat mesti merasakan kekuatan itu. Dari rajutan cerita yang akan terangkai. Percaya saja, semua akan indah pada waktunya. Jayalah Batik Indonesia!





Like the Post? Do share with your Friends.

19 komentar:

  1. batik harus kita jaga agar tidak lagi di akui oleh negara lain lagi batik milik indonesia betul

    BalasHapus
  2. makasih infonya sangat bermanfaat sekali untuk saya mkasih jangan lupa kunjungi balik kami

    BalasHapus
  3. Mantap gan, pertahankan budaya kita !

    BalasHapus
  4. batik budaya kita yang tidak akan pernah hilang dan tidak akan ada yang bisa mengklaim apalagi mengaku ngaku

    BalasHapus
  5. salam kenal semuanya, batik top marketop deh

    BalasHapus
  6. Budaya yang perlu kita lestarikan gan ! nice post

    BalasHapus
  7. budaya kan batik kita mas broooo....
    hidup batik indonesia....

    BalasHapus
  8. batik memang kereenn lah.. mari budayakan batik

    BalasHapus
  9. senangnya bisa jalan-jalan ke luar negeri ya wawank

    BalasHapus
  10. makasih sob telah berbagi, artikelnya keren

    BalasHapus
  11. makasih banyak atas infonya, sangat brmnfaat skali..

    BalasHapus
  12. sangat bermanfaat sekali gaan, makasih yaa :)

    BalasHapus
  13. keren, tapi yang lebih keren ternyata bule2 itu bisa ngebatik, aku aja blm pernah megang canting..malu.

    BalasHapus
  14. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : melasian77cs@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest