Jumat, Agustus 03, 2012

Merajut Optimisme Bersama Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org

Gambar 1.3 Kondisi Sekolah

Pengalaman ini saya alami setahun yang lalu, ketika itu saya ikut tergabung dalam anggota Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar. Waktu itu saya mengikuti salah satu kegiatan yang merupakan program kerja dari Lembaga tersebut. Karya Bakti Ilmiah (KBI) V namanya, kegiatan itu dilaksanakan guna mewujudkan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan KBI V berlangsung selama lima hari, tepatnya 8 -13 Juli 2012 di dusun Kahaya Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Dusun Kahaya adalah satu diantara banyak daerah terpencil yang belum terjamah. Bayangkan saja, Kahaya berjarak sekitar ± 8 km dari Desa Kindang dan penduduk yang tidak lebih dari sekitar 300 jiwa. Untuk sampai di dusun tersebut, kita harus berjalan melewati pendakian yang cukup menantang, naik turun gunung. Salah satu pengalaman tak terlupakan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah jalan kaki sejauh ±8 Km, sambil membawa perlengkapan individu dan kelompok, untungnya sepanjang perjalanan menempuh dusun Kahaya kami dapat menikmati pemandangan gunung-gunung yang berjejeran bak berbaris lukiskan keindahan alam hijau yang memukau.

Pelaksanaan Karya BakTI Ilmiah (KBI) V saat itu mengangkat tema “Optimalisasi Potensi Sumber Daya Lokal menjadi Masyarakat Mandiri”. Ada berbagai kegiatan sosial, yang menjadi pengalaman tersendiri bagi saya dalam membantu sesama, diantaranya adalah Pelatihan Pembuatan Sirup Markisa serta pemasarannya, Nonton Film Bareng Bertema Pendidikan, Nalar Mengaji, serta Nalar Mengajar.



Gambar 2.3 Menjadi instruktur pelatihan markisa

Pada saat itu, saya bersama dengan salah seorang teman saya bernama Mudrikah Z diberikan kepercayaan untuk menjadi instruktur dalam memberikan materi dan pelatihan pembuatan sirup markisa serta pemasarannya. Diharapkan dapat menjadi sebuah langkah awal dalam menciptakan masyarakat yang mandiri dan berjiwa enterpreneur. Ditambah Kegiatan Nonton Bareng yang dilaksanakan setiap malam, menjadi obat penghilang rasa haus masyarakat akan hiburan di dusun Kahaya.

Salah satu masalah yang di hadapi dusun Kahaya adalah tidak adanya listrik yang tersedia, panita menggunakan genset untuk mengatasi permasalah ketidaktersediannya listrik. Kepedulian pemerintah dalam melakukan optimalisasi sumber daya manusia yang ada di dusun kahaya masih terbilang rendah. Terbukti dari kendala yang dihadapi dalam pengembangan dusun adalah warga dusun Kahaya jarang yang memliki latar belakang pendidikan, mereka sebagaian besar buta aksara, jangankan baca tulis berbahasa Indonesia saja mereka tidak tahu.

Dusun Kahaya sampai sekarang hanya memiliki tiga orang lulusan SMA. Sumber pendidikan di dusun bersumber pada 130 orang yang bersekolah di SDN 305 Kahaya. Berdasarkan hasil observasi sederhana yang saya dapatkan dari kegiatan Nalar Mengajar, anak-anak memiliki semangat yang tinggi, antusias dalam menerima materi, dan memiliki cita-cita yang tinggi. Hanya saja,keinginan untuk melanjutkan pendidikan terhalang oleh dukungan orang tua, bagi masyarakat sekitar sekolah hanya buang-buang waktu, saat musim panen tiba anak-anak lebih diwajibkan ke kebun daripada sekolah.

Jika ditinjau dari segi psikologis keluarga yang menyekolahkan di dusun Kahaya seakan mengalami Model of Human Helplessness yang dikemukan Martin P.Seligman, Bapak Psikologi Positif. Teori ini menjelaskan bahwa individu akan berpikir merasakan ketidakberdayaannya, setelah melihat peluang atau hal yang terus berulang. Prinsip masyarakat sekitar mengatakan, “Sikola tala’ sikola, pada ji hassele’ na”, yang artinya, “Sekolah tidak sekolah, sama saja hasilnya”. Di dusun ini, hanya ada tiga lulusan SMA yang pekerjaannya hanya berkebun. Inilah realita pendidikan di dusun Kahaya, masyarakat lebih menganggap pendidikan sebagai ajang buang-buang waktu. Untuk mengilangkan semua itu, perlu perhatian khusus dari berbagai pihak khususnya pemerintah setempat.



Gambar 3.3 Selesai Nalar Mengajar

Sebuah terobosan kemudian hadir dan dapat menjawab keresahan saya, “Lembaga Zakat Dompet Dhuafa dengan program “Mudah sedekah secara online dengan Marimembantu.org” dapat memberikan secercah harapan pada kondisi yang terjadi. Kita patut untuk kembali merajut nilai optimisme dalam menciptakan kondisi yang jauh lebih baik dari sekarang. Semoga saja nantinya, program akan terus berlanjut dan dapat menjadi jawaban kegundahan yang telah di alami masyarakat dusun Kahaya selama ini. Amiin





Like the Post? Do share with your Friends.

14 komentar:

  1. Balasan
    1. terima kasih atas dukungan serta kunjungannya kakak..

      semoga senantiasa berkarya..

      Hapus
  2. Banyak banget kegiatannya wank salut kalau saya dulu di UNM kampus, kos, kamar mandi, kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhhe, setiap orang punya warna yang berbeda-beda. Dan semuanya menarik dan punya kelebihan serta kekurangan masing2. Tak masalah jika spreti itu..

      tetap brkarya..

      Hapus
  3. malam sob
    kegiatan yang bagus demi kaum dhuafa ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kegiatan seperti di atas senantiasa berlangsung dan mendapat dukungan..

      Terima Kasih kakk

      Hapus
  4. berbagi kata kata motivasi gan
    Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.
    salam kenal sukses selalu, semoga dapat di terima dan ku tunggu kunjungan baliknya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas motivasinya Bang..

      Hapus
  5. Pentingnya berbagi dengan sesama, inilah seharusnya kita lakukan, kita harus mensyukuri apa yang kita punya dengan berbagi dengan sesama, bersyukur dengan memberi sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat yang diberikanNYA kepada kita.

    BalasHapus
  6. Wah mantap gan reviewnya bersama MariMembantu.org. Tambah lagi dengan sharing pengalaman yg luar biasa. Apalagi sebagai orang Sulawesi, saya terenyuh membacanya. Oh yeah gak ikutan buat SEO di Iklan Bersama Sitti juga di PegiPegi.com dan Laku.com. Semuanya tuh cukup lumayan gan kontesnya. Ikutan gaK?

    BalasHapus
  7. mari kita berbagi , tak ada salah nya kita berbagi , itung itung tmbah amal .

    BalasHapus
  8. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : melasian77cs@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest