Senin, Juli 30, 2012

saya suka berbohong

- @hurufkecil pernah bilang,

"saya adalah orang yang punya banyak rencana tapi tak kuat bekerja- dan tak bisa mengatur pekerjaan dengan baik. saya adalah orang yang punya banyak mimpi dan kemauan tapi tak punya banyak energi untuk mewujudkannya. "

saya tak jauh beda dengan apa yang dikatakan @hurufkecil, selama ini saya mungkin telah terperangkap dalam mimpi-mimpiku sendiri. Saya banyak berkhayal namun tak banyak bekerja. kemarin saja, saya mengecewakan beberapa orang yang berharap lebih padaku. kesalahanku dimasa lalu menjadi warna kelabu bagiku dan bagi mereka yang kecewa.

rencanaku selalu saja gagal, mungkin karena saya memang tak bisa mengatur semuanya dengan baik. saya tergesa-gesa, dan kurang teliti.

“kalau kerja PR nak, coba lebih teliti” pesan guru matematika saya sewaktu SD. Dia kenal dengan sikap kurang telitiku. malam ini pun dalam tulisanku selalu saja ada kata yang tak tepat, ada kata yang ambigu namun tetap saya ingin menulis, mencoba untuk jujur pada diriku sendiri. saya tak ingin ada lagi orang yang menitip harapan padaku. selama saya tak bisa menjawab gundahku malam ini.

“benarkah saya hanya sebatas ini?”

sebab sampai detik ini, saya belum bisa untuk berbuat baik pada mimpi-mimpi saya. apa yang saya lakukan belum pernah menyentuh titik maksimal, tak tahu bagaimana. pola yang ada dalam pikiranku sulit untuk kudamaikan.

“kenapa saya gagal?”

pertama, karena saya tak punya harapan untuk memperbaiki harapan. entah, malam ini saya bimbang dengan semuanya. apa yang kita harapkan kadang berbalik arah dan pergi menjauh hanya dalam hitungan detik. lalu saya menyerah dalam hitungan menit.

dulu saya tak pernah bilang saya menyerah, namun sepertinya saya selalu menyerah dengan apa yang saya dapatkan. secara fisik terlihat baik-baik saja, tapi psikis lemah tak berdaya. pantas saya rapuh sampai detik ini. bukannya saya takut gagal, tetapi saya memang selalu membawa diriku di kegagalan.

kedua, saya tak mudah percaya dengan siapapun, terlebih dengan orang yang baru kukenal dalam hitungan hari, bulan bahkan tahun. saya pernah diceramahi karena ini, tapi saya keras kepala. tidak ingin mendengar dan menyimak yang orang itu katakan. sepertinya saya sombong dengan diriku sendiri. saya lebih memilih diam dengan keadaan yang ada.

tapi seorang aktivitis bilang, “melihat keadaan buruk lalu kau hanya diam, berarti kau apatis”.
selain sombong dengan diri sendiri, saya juga apatis ternyata.

ketiga, saya orang pesimis. mungkin terlihat di alasan pertama. saya tak pernah membiarkan semua menjadi lebih baik. saya suka berbohong, mengatakan optimis tapi nyatanya pesimis. suatu hari saya pernah berbincang dengan salah seorang dosen psikologi yang ahli dalam bidang “perilaku optimisme”, ada beberapa pertanyaan yang kemudian saya lontarkan. jawaban dari setiap pertanyaanku membuktikan bahwa saya tak pernah optimis dengan apa yang ada. jika saja kemarin saya lebih optimis, maka hari ini akan berbeda. inilah penyesalan, terkedang merisaukan namun setidaknya nanti akan menyenangkan. saya yakin masih banyak hal yang menjanggal dalam hariku, terkait dengan pribadiku sendiri. saya bukan pribadi yang menjadi lebih baik dari sebelumnya. selalu seperti itu,

saya lebih suka sendiri. lebih suka menghabiskan waktu di dalam kamar. lebih suka diam. sudah banyak teman, keluarga, yang menegur. mereka memintaku untuk lebih banyak bicara, namun saya cuma banyak tersenyum. saya jarang menyapa, dengan ucapan.

kalau pun saya banyak bicara, itu hanya manipulasi perilaku. andai saja saya tak belajar tentang pengertian makhluk sosial, saya lebih memilih mengurung diri di dalam kamar.

dua tahun terakhir ini, saya dihadiahkan masa yang penuh dengan warna.

saya terpilih menjadi pimpinan lembaga pers mahasiswa PSIKOGENESIS di fakultas psikologi UNM, sampai sekarang masih tercatat gagal memimpin.

saya dipertemukan dengan keluarga kunang-kunang, Forum Indonesia Muda 11 pada bulan september 2011. ada banyak hal yang saya renungi, tapi disana pun saya lebih suka sendiri. di tengah keluarga yang sudah punya banyak kejujuran. saya masih saja berbohong.

saya bertemu dengan teman-teman yang hebat, di Young Leader Summit dan Indonesian Young Changemakers Summit dan saya banyak belajar.

tahun ini pula saya pernah menjadi plagiat, saat menulis opini di salah satu koran di Makassar. bukti bahwa saya rajin berbohong. dan saya banyak belajar.

tapi Tuhan menghadiahkan beberapa kado, saya mendapat teman-teman hebat dan selalu membuat saya sedikit demi sedikit belajar jujur. Saya mendapat penghargaan dari Kemendikbud karena menulis kondisi pendidikan di dusun kahaya, saya terpilih sebagai perwakilan Sul -Sel dalam program ICYEP, meskipun bahasa Inggris saya masih pas-pasan dan pelajaran-pelajaran penting lainnya.

waktu untuk sendiri di kamar menjadi sedikit berkurang. dan masih banyak kejadian lain.
meskipun saya bilang banyak belajar, sepertinya itu belum cukup sama sekali. saya masih rajin berbohong. beberapa orang yang kutemui masih berani mendekat padaku. mungkin karena mereka belum sadar bahwa saya pandai berbohong. di perpustakaan psikologi, saya banyak membaca buku tentang bahasa tubuh, dan saya belajar menyempurnakan caraku untuk berbohong. miris sekali, waktuku yang terbuang begitu saja hanya untuk berbohong.

saya rajin terjatuh karena saya rajin berbohong.

***

hidupku mirip benalu. suka memanfaatkan situasi.

dan dengan dengan semua kebohonganku.

bagi orang-orang yang dekat denganku. saya tak pernah meminta maaf secara langsung. tak tahu harus bilang apa, mulai dari mana dan dengan cara seperti apa. setidaknya saya merasa beruntung, masih ada keluarga, teman yang bisa jadi ruang tempat saya berbohong. berbohong lebih banyak lagi.

namun, saya lebih sedih ketika berkunjung ke masa lalu, pas ketika saya berani untuk menjalin hubungan dekat dengan lawan jenis. pacaran.

“pacaran itu 99% bohong” itu pesan guru bahasa Indonesiaku waktu SMP.

saya suka dengan pesannya. karena pesannya juga, saya belajar mencari ruang baru untuk berbohong.

awalnya saya tak pernah ingin dekat dengan siapapun, terlebih dengan menggunakan status pacaran. satu hal yang saya pahami dari diriku adalah sulit memahami apa yang saya inginkan. maka saya pernah berniat untuk tidak menikah, saya ingin mati muda saja.jika saya sendiri masih tidak mengerti, bagaimana dengan mereka yang hendak dekat denganku.
mantan pacarku ada beberapa, tidak banyak. bisa dihitung jari.

ada lima mantan, dan saya suka berbohong pada mereka. kadang bohong itu menyenangkan namun sejatinya memilukan. tak ada yang berakhir menyenangkan, lima hati tak memberi jawaban tentang kejujuran. saya masih rajin berbohong.

sekarang saya punya pacar, dua tahun lebih tua dari usiaku. saya malu berbohong padanya, tapi nyatanya saya masih bisa berbohong. saya sudah ingin berhenti dari permainan masa lalu itu, tapi ada satu hal yang selalu membuat saya masih rajin berbohong,

“kalau saya terlambat, dan kau atau ayahmu punya pilihan baru. silahkan jalani itu. saya bisa belajar nantinya” kataku

seolah saya bisa tegar, seolah itu yang kuharapkan dari hati yang kuharap menjadi persinggahan paling menyenangkan dan menenangkan.

lagi, sepertinya saya masih pesimis. tapi selain rajin berbohong. saya juga belajar untuk setia. dia rajin menegurku, dan saya rajin mendengarnya. tapi saya berbohong lagi, dan dia menegurku dengan sangat menyenangkan.

sekarang, waktu bisa bersahabat selama saya bisa memperkenalkan diri pada dengan cara yang lebih jujur. terlebih karena saya punya tantangan, dua tahun lebih tua dan saya ingin membuktikan bahwa keyakinan hati itu tak pernah berbohong. saya yakin bisa tepat waktu, untuknya.

terlebih untuk seluruh orang yang pernah kutemui dan menghadiahkan senyumnya padaku. saya akan banyak belajar...

kutulis ini karena saya ingin mulai belajar untuk jujur terhadap diriku sendiri. saya mengerti, selama saya tak jujur dengan diri sendiri, maka saya tak pernah menemukan siapa saya sebenarnya.

saya akan belajar optimis, belajar untuk jujur pad diri sendiri, belajar untuk lebih dekat dengan lingkungan.

pesan “be yourself” belum kudapatkan. belum kunikmati.

cerita yang belum terselesaikan, akan kuselesaikan sebelum waktu menghantam.

semoga di masa yang akan datang, saya bisa menemukan cerita yang lebih baik, bermanfaat untuk diriku dan untuk orang-orang yang disekitarku.

#optimism. Amiin.


Like the Post? Do share with your Friends.

40 komentar:

  1. salam kenal kunjungan perdana ///blogger cilacap

    BalasHapus
  2. Salam kenal sobat 'dewan pers'. mantap, lanjutkan kegiatan menulisnya. Ternyata dengan berbohong bisa juga keluar tulisan dirubrik 'opini koran' yah sob? malahan bisa dapat penghargaan lagi.

    Karena, pengakuan sobat telah berbohong itulah, saya melihat ada kejujuran yang sebenarnya. Keep spirit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjunganny bang., serta masukannya. :D

      Hapus
  3. Yang instan mudah hialngnya jadi semua perlu proses, nikmati saja proses itu.

    kamu banyak pahalanya dong karena banyak senyum hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senyum..

      makasih kunjungannya. Betul sekali pesannya.

      Hapus
  4. semua itu proses Dik, suatu saat nanti setelah melewati semua itu kamu akan yakin dengan tindakan dan pilihanmu, dan menapaki semua prestasi yang telah kau dapatkan dalam waktu singkat aku jadi speechless, cuma satu pesan saya jadilah orang baik untuk jadi orang Pintar atau punya sesuatu mungkin gampang tapi untuk menjadi orang baik Susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih nasehatnya kak, sekarang saya smntra proses berbenah. sejak kemarin, rasanya lemari jiwa saya berdebu dan isinya berhamburan.

      sudah saatnya merapikan

      Hapus
  5. nice artikel Teman, suat pengakuan yang layak untuk di acungin Jempol. Satria.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon dukungannya, saya masih berbenah

      Hapus
  6. awal melangkah untuk sukses adalah ada rasa jujur pada diri sendiri..
    Postingan yang luar biasa sahabatku, sungguh bermakna..
    terima kasih ilmunya sahabatku.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya,

      isi blognya masih seadanya saja.

      Hapus
    2. sungguh rendah hati mas wawank ini :)
      I like it..
      sama aku jg masih seadanya.. hehe

      Hapus
  7. lama sekali tidak berkunjung disini.. :D

    mungkin sudah ada beberapa tahun.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pun demikian..,

      kemarin saya hibernasi bang

      Hapus
  8. kakak.. 4 jempol dech untuk pengakuannya..


    saya jadi malu pada diri sendiri yang tk prnah bisa jujur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makaasih, makasih..

      ayo belajar jujur..

      Hapus
  9. waahh..pengakuan jujur spt ini sgd sulit diungkapkan loh Wank..tp sdh lah smg itu semua jd masa lalu ya. mantapkan hati dan pikiran utk sllu optimis thdp apa yg sdh jd pilihan skrg. Semangat Wawank !!! :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat itu ibadah..., begitupun optimis

      Hapus
  10. Uneg-uneg sudah dikeluarkan... dan ini kejujuran akan kesalahan yang dilakukan... Sebuah introspeksi diri yang dalam. Semoga ke depannya akan menemukan jati diri sesungguhnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama niken.., makasih ya

      Hapus
  11. Kejujuran itu mutlak harus kita miliki agar menjadi manusia yang baik.
    Orang yang tak jujur tentu sangat rugi karena tak ada orang yang percaya lagi

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  12. Kejujuran itu yang akan membawakan kesuksesan ...:)

    BalasHapus
  13. HEBAT!! Dari banyak kebohongan dapat melahirkan individu yang seperti ini.. apalagi kalau kakak memiliki tiga atau bahkan satu saja kejujuran.. sudah bisa saya bayangkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau lebih hebat, silahkn jujur

      Hapus
    2. simple, padat, dan mengena

      Hapus
  14. yang penting semangat untuk berubah dalam kebaikan selalu ada :)

    BalasHapus
  15. Keren :)
    ("°͡▿°)͡ː̖́ ak jd ngerasa kesindir nih soalnya ak jg sama kaya kakak hahahha. Apa yg ak lakuin selalu hrus menuhin harapan semua org. Ak sering bohong biar jd pribadi yg menarik. Ga seru kan kalo ditanya guru, 'ga buat pr?kenapa?' Ak jwb 'ketinggalan.' Kan g seru?mending juga 'oh abis td malem sy pergi atau sy g enak bdan atau alsan lain yg g psran" tp itu g jujur. Dosa. Ak perlahan2 udh mau berubah koq. Cerita kk bnuk hikmahnya. Thanks yaaaaa :)

    BalasHapus
  16. kayaknya semua orang pernah bohong

    BalasHapus
  17. Salam kenal mas, kadang dalam situasi tertentu mengarahkan kita untuk berbohong mas,,,

    BalasHapus
  18. salam kenal gan.,.
    bohong terkadang bukanlah jalan yang baik.,.
    bahkan justru bisa menimbulkan masalah.,.

    BalasHapus
  19. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : melasian77cs@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest