Minggu, April 08, 2012

Simfoni Hijau Wisata Pemandian Lejja

Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang Pariwisata. Darmono, Komisaris Utama PT Taman Candi Borobudur menjelaskan dalam salah satu artikel bahwa Indonesia berpotensi meraup pendapatan hingga 10 miliar dollar AS dari sektor pariwisata. Menurut Darmono, bila Indonesia mampu mendatangkan turis asing untuk berkunjung, salah satunya, ke Candi Borobudur sebanyak 10 juta orang per tahun, potensi untuk mendapatkan 10 miliar dollar AS sangat besar. Hal itu akan terjadi bila satu turis rata-rata membelanjakan dana untuk berwisata sebesar 1.000 dollar AS.

Ia mencontohkan, Perancis dikunjungi sekitar 70 juta wisatawan asing per tahun yang rata-rata membelanjakan dananya sebesar 1.000 dollar AS sehingga Perancis meraup setidaknya 7 miliar dollar AS per tahun dari sektor pariwisata.

Jika analisis dari Darmono mampu terwujud di Indonesia maka berbagai sektor di Indonesia akan ikut meningkat. Pendidikan, ekonomi, sosial budaya jelas akan terkena dampak positif. Kelaparan, Masalah kesehatan, serta persoalan BBM beberapa waktu lalu tentunya dapat dipecahkan ketika pemanfaatan pariwisata di Indonesia diberikan perhatian khusus. Pemasukan negara tentu akan meningkat, maka tidak salah jika bangsa ini disebut sebagai negara kaya. Meskipun realita yang terjadi membuat masyarakat ragu untuk percaya akan hal itu, ditambah dengan perilaku pemimpin yang tak kunjung berdamai dengan tanggung jawabnya. Banyaknya warga miskin, anak jalanan, pengemis menjadi cerminan pedih bangsa kaya ini. Namun tentunya, optimis akan perubahan wajib kita jaga.

Salah satu provinsi di Indonesia dengan potensi pariwisata dan bisa menjadi andalan bangsa Indonesia adalah Sulawesi Selatan. Tempat-tempat pariwisata di Sulawesi Selatan yang terkenal diantaranya Tana Toraja dengan berbagai keunikan yang tak didapatkan ditempat lain, Taman Nasional Bantimurung, dengan surga kupu-kupu di dalamnya. Tanjung Bira, dengan pasir putih yang memukau. Namun kali ini, penulis mencoba menceritakan mutiara pariwisata disuatu tempat yang terkenal dengan sebutan kota kelelawar, yaitu Kabupaten Soppeng.



Simfoni Hijau



Di Kota kelelawar Soppeng terdapat juga objek pariwisata yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan dinikmati keindahannya, yakni Pemandian Air Panas Lejja. Wisatawan domestik dan manca negara senatiasa berdatangan menikmati kehangatan Air Lejja. Lokasi selain kehangatan tersebut, Pemandian Lejja yang berada dalam kawasan hutan lindung yang berbukit dengan panorama alam hijau di Desa BuluE, Kecamatan Marioriwawo, memberikan nuansa relax bagi pengunjung. Jika ingin melepas penat kesibukan maka berkunjung serta menghirup udara Lejja yang sejuk dan mendamaikan menjadi pilihan yang sangat tepat. Lokasi pemandian Lejja sekitar 44 Km sebelah utara Kota Watansoppeng, membutuhkan waktu sekitar dua jam dari pusat kota Soppeng.


Pengunjung yang berdatangan bukan hanya ingin menikmati keindahan alam, melainkan ada pula pengunjung yang datang dengan tujuan memperoleh kesehatan dengan berendam atau berenang di air panas Lejja yang dapat menyembuhkan penyakit rematik dan gatal-gatal.
Memasuki lokasi pemandian, pengunjung akan dihadapkan dengan jalan yang berliuk-liuk, dengan dikelilingi pohon hijau yang lebat, sesakali terlihat kera yang menampakkan diri.





Pada umumnya pengunjung akan lebih menikmati perjalanan dengan jalan kaki menuju lokasi utama, berjalan santai bersama sanak keluarga secara psikologis mampu menambahkan nilai-nilai harmonis dalam keluarga. Meskipun kendaraan bisa, tapi pilihan untuk berjalan kaki sekaligus olahraga menjadi pilihan favorit pengunjung. Uniknya, di perjalanan memasuki kolam terdapat sumur jodoh. Beberapa pengunjung percaya akan mitos bahwa yang menyiram atau meminum air sumur jodoh akan mendapat jodoh lebih cepat.

Pintu Gerbang Lokasi Pemandian, anda akan dihadapkan pada dua pilihan. Yakni memilih masuk dengan kendaraan sampai di dekat kolam renang atau menyusuri deretan tangga-tangga yang mengantarkan kita menemukan pemandangan hijau dengan aroma udara sejuk nan menentramkan jiwa.



Di area lokasi terdapat Baruga wisata unutk pertemuan dengan daya tampung sekitar ±300 orang. Terdapat pula tempat penginapan yang disewakan dengan sistem harian, tepat ini dilengkapi tempat tidur, ruang tamu, kamar mandi, mirip villa.



Ada banyak hal yang akan didapatkan setelah berkunjung di Lejja, terlebih ketika menuju sumber mata air, suasana hati akan merasa nyaman, kesehatan kulit akan terjaga, dan pikiran serta perasaan akan menemukan kondisi yang pas untuk membuktikan keagungan Sang Pencipta.

Harapan

Ketertarikan pengunjung kian semakin meningkat dengan adanya peningkatan pelayanan serta kondisi yang lebih baik di Lokasi wisata. Di Pemandian Air Panas Lejja sendiri boleh dibilang menunjukkan peningkatan serta usaha pemerintah setempat terlihat dengan dibangunnya serta memperluas kolam yang ada. Namun demikian, natural setting yang ada jelas wajib untuk dijaga dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Fauna dan flora yang dimiliki mesti menjadi perhatian khusus, kadangkala hal-hal kecil kurang diperhatikan.



Pemberdayaan pemuda di daerah sekitar bisa menjadi sebuah solusi sekaligus memberi ruang untuk meningkatkan kemampuan para pemuda di daerah sekitar. Pihak pemerintah jelas bisa memberi jalan untuk mengumpulkan dan memberdayakan para pemuda-pemudi daerah sekitar untuk senantiasa menjaga hingga mempromosikan daerah wisata.

Kedepannya, kecintaan pemuda akan bidang pariwisata wajib dimunculkan sejak dini. Melihat potensi yang besar dapat terwujud dalam pariwisata. Khusus bagi yang mencari lokasi wisata yang sejuk dengan pemandangan alam hijau serta flora dan fauna yang terjaga, maka Lejja wajib menjadi pilihan. Terakhir, Indonesia adalah negara kaya, dengan Pariwisata Indonesia akan menjadi negara Tangguh. Semoga!



Like the Post? Do share with your Friends.

4 komentar:

  1. kunjungan sob ..
    mau bagi-bagi kalimat motivasi sob ..
    "saya belajar menggunakan kata 'tidak mungkin' dengan sangat hati-hati."
    kunjungan balik ya sob .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trma kasih kunjungnnya sob dan mksih ats inspirasinya

      Hapus
  2. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    BalasHapus
  3. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest