Rabu, April 18, 2012

Pendidikan dan Kebahagiaan

Pendidikan menjadi sebuah aset berharga dalam kemajuan suatu peradaban. Negara yang memiliki perhatian pada dunia pendidikan akan menempatkan posisinya pada zona tertinggi. Bangsa yang tangguh terlahir dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, dengan pendidikan yang bermutu jelas memberikan peluang agar kiranya tercipta SDM yang membangun bangsanya.

“Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kita gunakan untuk mengubah dunia”, kata Nelson Mandela. Hal ini sangat jelas bahwa tidak ada senjata yang lebih unggul selain pendidikan. Berkah dari suatu pendidikan adalah pengembangan teknologi, yang telah membawa perubahan signifikan dalam masyarakat menuju Indonesia yang tangguh di mata dunia. Jika teknologi ini digunakan dalam arah yang benar dan ditujukan untuk memperkuat sistem pendidikan kita, maka kita dapat mengharapkan keajaiban di dalam masyarakat kita secara keseluruhan. Semoga saja di Bangsa ini ada perubahan, menjadikan pendidikan sebagai senjata utama untuk merubah Indonesia menjadi negara yang tangguh di mata dunia.

Belanda menjadi salah satu negara yang menempatkan pendidikan pada posisi utama dalam pengembangan SDM. Belanda berada di urutan ke-3 negara dengan jumlah universitas terbanyak dalam World Reputation Ranking 2012. Lima universitas riset Belanda masuk dalam 100 besar dalam daftar yang dikeluarkan oleh Times Higher Education. Peringkat Reputasi ini didasarkan pada hasil analisa 31,000 akademisi dari 149 negara
Selanjutnya dapat kita lihat dari data dalam daftar Top 50 Life Sciences Universities dari Times Higher Education, Wageningen University and Research Centre serta Utrecht University menempati peringkat ke-17 dan ke-30. Pesatnya perkembangan dalam hal dunia pendidikan di Belanda, tentu akan berdampak pada perkembangan kondisi negara yang kian membaik.

Pendidikan menjadi kunci untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Kondisi kehidupan yang penuh dengan berbagai masalah akan terpecahkan dengan hadirnya SDM yang mampu berpikir kreatif dan mampu berkarya dalam tantangan. Inovasi menjadi senjata paling ampuh dalam menyelamatkan peradaaban yang memburuk. Belanda sebagai negara yang kian berkembang pesat khususnya dalam bidang pendidikan, menjadi sebuah dimensi yang dapat kita cermati dan pelajari. Betapa pentingnya pendidikan, dan kuatnya pendidikan dalam menciptakan suatu kebahgiaan.


Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menerbitkan laporan "World Happiness Report" pekan lalu dan negeri Belanda adalah negeri paling bahagia ke-4 di seluruh dunia. Jika kita ingin mengaitkan pendidikan dan bahagia, ini adalah hal yang wajar. Hipotesis penulis adalah, semakin tinggi dan bermutu pendidikan akan menciptakan kwalitas hidup penduduk yang lebih baik. Masalah demi masalah dapat dipecahkan dengan baik dan mudah.


Like the Post? Do share with your Friends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest