Sabtu, November 05, 2011

Resiliensi dan Forum Indonesia Muda 11

Untuk Forum Indonesia Muda...


Kehidupan akan dipenuhi oleh rangkain kisah yang terus berjalan dan melahirkan kesan dan pesan untuk membangun pribadi kita masing-masing. Forum Indonesia Muda salah satunya, kisah yang penuh dengan kenangan yang akan tersusun rapi dan terbingkai di memori kita. Pelatihan itu sejatinya telah melahirkan satu keluarga baru yang hubungan emosionalnya sangatlah kental. Bersyukur dapat bergabung dalam keluarga ini. Semoga kita mampu menggapai kesuksesan kita masing-masing. Amin

Tidak sedikit orang yang sukses dikarenakan mereka mampu memaknai kehidupan dengan hati, mampu mensyukuri kisah yang tuhan berikan. Sebaliknya, bagi orang-orang yang gagal untuk memetik pesan dalam perjalanan hidupnya, akan terjerumus pada lubang hitam kehidupan. Untuk menjalani sebuah kehidupan, individu yang tangguh seharusnya memiliki daya tahan untuk mampu berkembang dan bebas dari masalah. Saya mengutip tweet dari Bunda Tatty Elmir, "Pejuang sejati tidak akan mati dalam sekali tikam !"

Berbicara tentang daya tahan, dalam ilmu Psikologi dikenal istilah Resiliensi. Istilah ini relatif baru dalam khasanah psikologi, terutama psikologi perkembangan. Paradigma resiliensi didasari oleh pandangan kontemporer yang muncul dari lapangan psikiatri, psikologi, dan sosiologi tentang bagaimana anak, remaja, dan orang dewasa sembuh dari kondisi stres, trauma dan risiko dalam kehidupan mereka (Desmita, 2006: 228). Selanjutnya berpendapat bahwa:

Resiliensi
adalah kemampuan atau kapasias insani yang dimiliki seseorang, kelompok atau masyarakat yang memungkinkan untuk menghadapi, mencegah, meminimalkan dan bahkan menghilangkan dampak-dampak yang merugikan dari kondisi-kondisi yang tidak menyenangkan, atau bahkan merubah kondisi yang menyengsarakan menjadi suatu hal yang wajar untuk diatasi. yang sangat dibutuhkan dalam setiap orang.

Grotberg (1995: 10) menyatakan bahwa resiliensi adalah kemampuan seseorang untuk menilai, mengatasi, dan meningkatkan diri ataupun mengubah dirinya dari keterpurukan atau kesengsaraan dalam hidup. Karena setiap orang itu pasti mengalami kesulitan ataupun sebuah masalah dan tidak ada seseorang yang hidup di dunia tanpa suatu masalah ataupun kesulitan. Hal senada diungkapkan oleh Reivich dan Shatte (1999: 26), bahwa resiliensi adalah kapasitas untuk merespon secara sehat dan produktif ketika menghadapi kesulitan atau trauma, dimana hal itu penting untuk mengelola tekanan hidup sehari-hari.

Orang dengan resiliensi tinggi mampu mengelola emosi mereka secara sehat. Tentu mereka punya hak dan berhak untuk merasa sedih, marah, merasa kehilanganm, sakit hati dan tertekan. Bedanya, mereka tak membiarkan perasaan macam itu menetap dalam waktu lama. Mereka cepat memutus perasaan yang tak sehat, yang kemudian justru membantunya bertumbuh menjadi orang yang lebih kuat.Mereka menjadi contoh atas apa yang pernah disampaikan oleh Wilhelm Nietzsche’s : “That which does not kill me makes me stronger.”. Apa yang tidak membunuh saya, justru akan makin menguatkan saya.

Tulisan ini dilatarbelakangi setelah melihat foto dari kawan-kawan Forum Indonesia Muda angkatan 11 dan Tweet dari Bunda Tatty Elmir. Semoga apa yang saya posting dapat bermanfaat, Kepada keluarga baruku, Forum Indonesia Muda:"kita terlahir sebagai pejuang yang tidak akan mati dalam sekali tikam".

"Salam Pemuda Indonesia!, Salam jong Celebes, dan Salam FIM 11.....!"



Biarkan anging mamiri, sampaikan salam damai dan salam rindu untuk kalian yang telah berbagi mimpi bersamaku. Pemuda Celebes yang akan terus berjuang untuk Bangsa tercinta ini.


Like the Post? Do share with your Friends.

3 komentar:

  1. hei, salam! salam dari kami, salam perdamain! jong MALEBER!


    oi wan, sudah, tapi yang 20rbuan, haha
    yang punyamu merk apa kah?

    BalasHapus
  2. Wah, nambah perbendaharaan kata baru nih
    RESILIENSI
    keep writing bro

    BalasHapus
  3. keren daeeng!!! sukses selalu, asyik dan menakjubkan!!! ;)

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest