Rabu, November 23, 2011

Profil Piaget

Piaget dilahirkan pada tanggal 9 agustus 1896 di Neuchatel, kota universitas di Swiss dan meninggal pada tanggal 16 september 1980 di Jenewa, Swiss. Ayahnya seorang ahli sejarah di Universitas Neuchatel, dan digambarkan sebagai seorang yang rasional dan sistematik dalam cara berpikir. Piaget banyak meniru ayahnya. Sebaliknya ibunya adalah seorang yang dinamik., cerdas , religius dan sedikit neurotik dan menimbulkan banyak ketegangan dirumah.

Sejak kecil Piaget sudah memperlihatkan sebagai ilmuwan, senang mengamati dan memperhatikan kehidupan yang ada disekitarnya. Dan melakukan penelitian-penelitian. Pada umur 10 tahun ia sudah bisa menulis suatu artikel ilmiah disuatu majalah yakni Journal of Natural History of Neuchatel, mengenai biologi. Berdasarkan tulisan ini ia tadinya akan diangkat sebagai dewan kurator di museum, tetapi pengangkatan itu dibatalkan ketika diketahui penulisnya adalah seorang anak Sekolah Menengah. Pendidikan formalnya adalah biologi.

Ia diperkenalkan dengan filsafat oleh Samuel Cornut. Ia sempat menyelesaiakn sertasi denag judul The Mollusks of Valais pada tahun 1918. Gelas doktornya di Universitas Neichatel pada usia 22 tahun.

Perkenalannya dengan filsafat menimbulkan ketegangan intelektual padanya , karena ia menggabungkan fislasafat dengan ilmu. Dari sini Piege mulai mengalihkan perhatiannya ke psikologi khususnya psikology anak. Ia ingin mempelajari asal usul kejiwaan seseorang. Piaget mula-mula pergi ke Zurich, berkenalan serta mempelajari psiko analisa dari toko seperti Sigmund Freud, Cart Gustav Jung, dan lain-lain. Pada tahun 1919 Piaget meninggalkan Zurich ke Parist. Selama dua tahun di Universitas Sorbonne Piage mempelajari psikologi klinis dan filsafat bersama-sama. Kemudian ia bekerja di Laboratorium Binnet, di bawah asuhan theophile simon. Pada mulanya Piaget merasa bosandengan tes-tes yang dilakukan terhadap anak-anak yakni tes intelegensi. Tetapi lama-lama Piage tertarik pada jawaban-jawan yang diberikan oleh anak-anak yang lebih mudah. Bukan jawaban yang benar perhatian Piage, melainkan sebaliknya, yakni jawaban yang salah. Piage menyadari adanya jawaban yang selalu menetap dan khusus diperlihatkan berdasarkan hasil cara berpikir anak-anak yang khusus pula dan yang berbeda dengan orang dewasa.

Dengan demikian anak ternyata bukan merupakan “miniarue replica” orang dewasa dan cara berpikir anak-anak tidak sama dengan cara berpikir orang dewasa. Ini merupakan lapangan baru dengan Piaget sebagai tokoh yang terkemuka yang memperkanalkan teorinya mengenai perkembangan kognitif. Ia banyak menyusun tes-tes untuk menganalisa jawaban-jawaban yang diberikan oleh anak-anak, tetapi ia juga membuang waktu berjam-jam untuk melakukan observasi terhadap aktivitas-aktivitas spontan yang dilakukan anak-anak. Piaget kemudian meneruskan penelitian-penelitian terhadap anak-anak di institut J.J. Rousseau di Jenewa pada tahun 1921.

Ketika pada tahun 1925 dari perkawinannya dengan Valentine Chetenay lahir anaknya yang pertama, Jacqueline, Piaget dibantu oleh isterinya melakukan observasiterhadap tingkah laku dan perkembangan anaknya. Hal ini di teruskan ketika kedua anaknya yang berikutnya lahir yakni Lucienne dan Laurent.

Pada permulaan tahun 40-an Piaget mulai mengalihkan perhatiannya dari aspek-aspek moralitas, mimpi, dan minat sehari-hari pada anak-anak yang diselidiki, ke pengetahuan anak mengenai matematika dan konsep-konsep. Pada mulanya perhatian terhadap teori-teori Piaget tidak terlalu banyak. Dan dianggap kurang mantap. Baru pada tahun 60-an, perhatian dunia terhadapa teori-teorinyadianggap sebagai teori perkembangan yang sangat pening dalam ilmu pengetahuan. Piaget meninggal pada tanggal 16 September 1980 di Jenewa, dengan meninggalkan puluhan buku selama 50 tahun pengabdiannyauntuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Dari teori-teori Piaget, dunia pengetahuan telah diperkaya dengan banyak istilah. Tidak khusus menjadi milik psikologi, tetapi dipelajari pula dalam ilmu sosial dan eksakta lain.


Like the Post? Do share with your Friends.

2 komentar:

  1. kok baru dengar nama itu ya...

    BalasHapus
  2. sama kayak Joe, sya baru tahu tentang Piaget ini.. yah, mungkin karena nggak berhubungan langsung dengan bidangnya kali ya wank.

    apa kabar kamu?. masih di Makassar?

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest