Kamis, November 24, 2011

Perbedaan Kognitif antara Laki-laki dan Perempuan

1. Perbedaan spasial

Pada laki-laki otak cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik. Maka tak heran jika laki-laki suka sekali mengutak-atik kendaraan. setelah banyak studi terkontrol hati-hati di mana lingkungan dan pembelajaran sosial dikesampingkan, para ilmuwan mengetahui bahwa mungkin ada banyak perbedaan neurofisiologis dan anatomi antara otak laki-laki dan perempuan. . (Gurian, 2004).

2. Perbedaan verbal

Daerah korteks otak pria lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan cenderung memberi porsi sedikit pada daerah korteksnya untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Penelitian yang dipimpin oleh Dr Godfrey Pearlson telah menunjukkan bahwa dua daerah di lobus frontal dan temporal berhubungan dengan bahasa (bidang Broca dan Wernicke, dinamai penemu mereka) secara signifikan lebih besar pada wanita, sehingga memberikan alasan biologis untuk keunggulan perempuan terkenal dalam bahasa terkait pikiran. Menggunakan pencitraan resonansi magnetik, para ilmuwan mengukur volume materi abu-abu di daerah kortikal pada 17 perempuan dan 43 laki-laki. Perempuan memiliki 23% (di daerah Broca, di korteks prefrontal dorsolateral) dan 13% (di daerah Wernicke, di korteks temporal superior) volume lebih dari laki-laki. (Schlaepfer,1995).

Kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri-kanan atau corpus collosum otak laki-laki lebih kecil seperempat ketimbang otak perempuan. Bila otak pria hanya menggunakan belahan otak kanan, otak perempuan bisa memaksimalkan keduanya. Itulah mengapa perempuan lebih banyak bicara ketimbang pria. Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara pria hanya 7.000 kata.

3. Perbedaan bahan kimia

Otak perempuan lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya bersikap tenang. Tak aneh jika wanita lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik, sedangkan laki-laki lebih cepat naik pitam. Selain itu, otak perempuan juga memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Dua hal ini mempengaruhi kecenderungan biologis otak pria untuk tidak bertindak lebih dahulu ketimbang bicara. Ini berbeda dengan perempuan. . (Gurian, 2004).

4. Memori lebih kecil

Pusat memori (hippocampus) pada otak perempuan lebih besar ketimbang pada otak pria. Ini bisa menjawab pertanyaan kenapa bila laki-laki mudah lupa, sementara wanita bisa mengingat segala detail. Maka bersyukurlah dengan apa yang telah diciptakan untukmu. Karena sesungguhnya segala sesuatu telah ditentukan. Tidak bisa perempuan menjadi laki-laki ataupun sebaliknya. Karena dari awal kita memang telah berbeda. (Gurian, 2004).

Bapak dari sosiobiologi, Edward O. Wilson, dari Harvard University, mengatakan bahwa perempuan cenderung lebih tinggi daripada laki-laki di masalah empati, kemampuan verbal, keterampilan sosial dan keamanan-mencari, antara lain, sedangkan pria cenderung lebih tinggi pada kemerdekaan, dominasi, keterampilan spasial dan matematika, peringkat-terkait agresi, dan karakteristik lainnya. (Wilson, 1992).

Referensi:
Gurian, Michael. 2004. What Could He Be Thinking?: How a Man's Mind Really Works. New York: St. Martin's Press.

Schlaepfer T.E., Harris G.J., Tien A.Y., Peng L., Lee S., Pearlson G.D. Structural differences in the cerebral cortex of healthy female and male subjects: a magnetic resonance imaging study. Psychiatry Res. 1995 Sep 29;61(3):129-35.

Wilson, E.O. 1992. Sociobiology. AMAZON New York: Harvard University Press.

Like the Post? Do share with your Friends.

1 komentar:

  1. laki2 lebih kritis dalam berpikir dan perempuan lebih peka dengan perasaan hatinya. :)

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest