Jumat, September 30, 2011

Mengapa Wanita Mudah Tersinggung?

Fluktuasi hormon sering dituding menjadi penyebab mengapa sebagian besar wanita lebih mudah mengeluh, menggerutu dan gampang tersinggung. Padahal sifat itu sebenarnya diturunkan secara genetik. 

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa para wanita secara genetik memang diprogram untuk bersikap mudah marah dan agresif. Hal itu antara lain karena wanita memiliki gen reseptor serotonin, yakni yang disebut gen 2C. Kabar baiknya, tidak semua wanita mewarisi gen tersebut.
Hormon serotonin memang dikaitkan dengan perasaan marah dan agresi, baik pada manusia atau hewan. Penelitian telah menunjukkan peningkatan aktivitas serotonin berkaitan dengan berkurangnya perilaku agresif. Sikap mudah marah tersebut ternyata menjadi salah satu penanda beberapa kondisi gangguan kesehatan, salah satunya adalah hipertensi dan penyakit jantung.  

Meski kerap mudah tersinggung, keras kepala, dan gampang marah, ternyata sifat-sifat tersebut dinilai sebagai bentuk kepercayaan diri dan kebanyakan dimiliki oleh orang yang berkepribadian kuat. Karena itu, orang dengan sifat keras kepala itu dianggap menarik bagi lawan jenis. 

Tetapi apakah jika sudah mewarisi gen mudah marah hal itu tidak bisa diubah? Tentu saja. Karena faktor lingkungan memiliki kemampuan untuk mengendalikan, mempengaruhi, bahkan mengubah faktor genetik.



Sumber: Kompas.com

Like the Post? Do share with your Friends.

3 komentar:

  1. Pantesan aku gampang marah kalo anak2 pada nakal...ternyata emang ada gen reseptor serotonin di tubuh wanita...siip dech kalo gitu, ebrarti dah bawaan lahir heheheh.....

    BalasHapus
  2. trus kita sebagai laki2 menghadapinya harus gmn
    lam kenal sooob;)

    BalasHapus
  3. TATTONOX adalah obat penghilang tatto yang sangat bagus untuk mehilangkan tato permanen dan sangat aman untuk kulit.

    PENCARIAN PRODUK KAMI :

    Obat pengilang tatto

    jual Obat pengilang tatto

    Obat penghapus tatto

    tattonox

    toko-pria.com

    Obat pengilang tato

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest