Jumat, Juli 15, 2011

M(a)rkisa

Beberapa hari tidak posting tulisan itu karena ada KBI. Karya Bakti Ilmiah di Dusun Kahaya, Kec.Kindang, Kab. Bulukumba.

Jika harus bercerita tentang pengalaman Karya Bakti Ilmiah, tentunya ada banyak cerita yang saya dapatkan. Bahkan saat menuliskan postingan ini, saya harus berulang kali, menghapus, mengganti halaman demi halaman, pusing untuk memulai dari mana, hingga akhirnya saya memutuskan untuk bercerita tentang Markisa.

Tulisan ini saya tujukan untuk teman-teman yang suka Markisa!!!

Pertama ditugaskan untuk mengkordinir acara Pelatihan Markisa di KBI saya menerimanya dengan senang hati, dengan diberi tanggung jawab seperti itu saya bisa jalan-jalan ke UD.Mega Buana, tempat pembuatan sirup Markisa yang berdiri sejak tahun 97.

Bertemu dengan Pak Idris pemilik UD.Mega Buana, yang kepribadiannya extrovert.
Alhamdullah, dengan kepribadian Pak Idris itu kami lebih mudah untuk mempelajari Markisa dan cara pengolahannya menjadi sirup.

Satu hari sebelum keberangkatan KBI, kak Toto mengantar kami ke Mega Buana tapi hari itu belum sempat untuk mempelajari cara pembuatannya. Kami hanya datang berbincang-bincang sekaligus minum sirup Markisa sore itu.

“Kalau mau belajar, sekaligus lihat proses dari awal datang saja ke rumah setelah shalat subuh. Jam 8 pagi sirup sudah siap dikemas dalam botol. Jadi usahakan pagi, kalau bisa subuh!” Jelas Pak Idris

Saat mendengar Pak Idris bilang seperti itu, kami pun meng "iya" kan.

"Insya Allah Pak!"

Saya putuskan untuk menginap di Rumah Nalar, bangun di subuh hari pukul 4. Pinjam motornya Kak Najib, jemput Mude’ yang rumahnya di Todoppuli. Kemudian ke rumahnya Pak Idris, sampai depan rumah Pak Idris sekitar 4.27. Malamnya, Kak Wahyuddin minta dibangunkan untuk ikut, tapi pas dibangunkan di subuh hari, Pak Ketum cuma bilang, "Saya nda jadi!".

Mungkin karena terlalu bersemangat untuk belajar, jadi kami coba datang lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Pas Pak Idris buka pintu, beliau sempat kaget karena kami terlalu cepat datang. Kami datang sebelum shalat subuh, dan akhirnya shalat subuh bareng dengan Pak Idris di mesjid dekat rumah Pak IDRIS.

Singkat cerita..,

Saya dan Mude’ belajar sekitar 3 jam.,melihat sekaligus membantu Pak Idris, bonusnyasaya dan mude' bisa minum sirup Markisa gratis yang segar di pagi hari. Kata Pak Idris, minum sirup Markisa di pagi hari bisa menjadi obat awet muda.



CERITA DIPERCEPAT DENGAN MEMOTONG KISAH PERJALANAN MENUJU KE DUSUN KAHAYA....
Tiba di lokasi KBI.., dan memberikan Pelatihan kepada masyarakat menjadi menarik dengn berbagai masalah yang kami temui sebelum acara di mulai. Acara pelatihan yang direncanakan di hari pertama harus diundur ke hari terakhir, karena berbagai masalah yang silih berganti menyapa. Mulai dari Markisa yang belum berbuah, belum musimnya. Peralatan seadaanya, hujan terus bernyanyi, dan masyarakat yang sulit dikumpulkan.

Alhamdulillah, Bu dusun sekaligus Guru di SDN Kahaya membantu kami. Solusinya Guru-guru yang lain dan adik-adik SMP menjadi peserta pelatihan ditambah dengan beberapa warga yang datang,akhirnya pelatihan dimulai dengan senyum sederhana dari saya dan ditutup dengan senyum bahagia peserta. Sayang, dokumentasi kegiatan belum saya copy dari kamera panitia bidang dokumentasi.



Oiya, satu pesan dari Pak Idris, "untuk sukses itu harus mulai dari Nol"
Postingan selanjutnya, masih akan bercerita tentang KBI. Saya Pribadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah membantu pelaksanaan Pelatihan Markisa.

KBI Mantap..!!



Like the Post? Do share with your Friends.

10 komentar:

  1. Markisa kan emang khasnya Makassar, sering saya oleh-oleh dari Makassar beli sirup markisa. mahal juga yah harganya. hahaha..

    sama nih, saya juga lama nggak ngeblog, masalah teknis soalnya

    BalasHapus
  2. Wah, kayaknya seru nih KBI-nya. Eh, beneran tuh? minum sirup markisa dipagi hari bisa bikin awet muda?

    BalasHapus
  3. kesan pertama dr postingannya wawan,,bulukumba is my hometown...

    cuman br dengar klo disana ada perkebunan markisa...

    nice sharing...

    BalasHapus
  4. saya suka sirup markisa...nenek saya bawain..saya mau lagiiii

    BalasHapus
  5. @Gaphe= Kapn2 kalo ke Makssr kak.., ksi kabar.., spy sy bs datang bersilaturahmi.

    BalasHapus
  6. @Bang Pendi= nanti saya cari alasan yg ilmiahnya.., spertinya betul kalo dengar crita dr Pak Idris.., beliau dan bapaknya sudah tua, tp terlihat muda. Katanya gara2 Markisa.

    BalasHapus
  7. bagaiaman kabar makssar Wan, lama nih nggak makan markisa

    BalasHapus
  8. @Munir ardi= Alhmadullah baik.., beli sirup markisa pak.!1

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest