Rabu, Juni 15, 2011

Gerhana Bulan Terlama dan Terdekat

Melihat status seorang teman di facebook, aku mencoba melacak kebenaran statusnya. “Gerhana Bulan terlama dan terdekat”, langsung saya tanyakan ke Om Google dan jawabannya “Betul”, memang ada gerhana bulan.

Kamis dini hari nanti akan terjadi gerhana bulan dan berpeluang menjadi gerhana paling lama dalam sejarah, pukul 01:22 sampai dengan 05.30 Waktu Indonesia Barat (WIB). Itulah kira-kira yang dikatakan oleh Peneliti astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin.
Thomas juga mengatakan bahwa hal ini terjadi karena posisi bulan nanti dekat dengan pusat bayangan bumi. Hal menarik yang akan terjadi nanti adalah kemungkinan pasang air laut maksimum.

Kemudian, masyarakat dapat menyaksikan gerhana cukup lama karena diperkirakan akan memakan waktu cukup lama. ” Puncak gerhana itu sendiri diprediksi akan terjadi tepat pukul 02.22 sampai dengan pukul 04.30,” kata Pengamat Bintang Observatorium Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Evan Irawan Akbar.

Gerhana bulan total nanti bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia tanpa kecuali Papua. Wilayah Papua tidak dapat menyaksikan fase akhir gerhana karena saat itu sudah pagi. Selain itu, wilayah Indonesia tengah dan barat dapat menyaksikan seluruh fase gerhana tersebut.

Sekiranya bagi teman-teman yang berminat untuk melihat fenomena itu, Wawank ucapkan selamat menunggu.!!







Like the Post? Do share with your Friends.

17 komentar:

  1. ya yang di Indonesia bisa menikmati, di malaysia kelihatan juga pa ga ya...?

    BalasHapus
  2. Ya, ya..aku juga udah tau dari KIDNESIA...walaupun begadang kurang baik...tapi aku mau lihatt...........!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  3. mungkin pakde masih "ngorok" sehingga kagak sempat nyaksi'in gerhana bulan, jarene wong jowo mbulan dipangan buto grahono he he he...

    BalasHapus
  4. ayook, bangun tengah malam buat nyaksiin kejadian sekali dalam seumur hidup. katanya sih jarang-jarang seperti ini, karena kejadiannya berulang selama 100 tahun sekali.

    tapi kalo jam segitu rasanya dah molor tingkat tinggi deh

    BalasHapus
  5. siap2 dengan alarm tuk bangun pukul 2 ntar malam bwt shalat, phutu2 (klo kebangun beneran) + segelas teh hangat (lha?) :D

    BalasHapus
  6. oh iya ada gerhana ya tado malem pas telpon2an ma abi, dia jg lagi liat gerhana tp aku males kluar rumahnya hehehe

    BalasHapus
  7. haduhh sayang ya dini hari tadi saya gk liat gerhana bulan,,,,
    soalnya ngantukkk,,,

    BalasHapus
  8. Yapz,, betul banget banyak orang yang mengatakan klo gerhana bulan kali ini lebih lama dan jelas terlihat dibandingkan sebelumnya...

    BalasHapus
  9. SAYA MENYESAL DAN SANGAT MENYESAL GK LIHAT GERHANA BULAN,,




    JADI SEDIH

    BalasHapus
  10. Waahh sepertinya indah mungkin ya terlihatnya,, sayang gak sampat liat emz,kirain gerhana bulan biasa saja...

    BalasHapus
  11. tadi'y ce saya jg pngent bgt liat wktu dini hari tadi.
    v kbru ngntuk emz n gx da tmn...
    tmn" q jg pda ngasih tw klw bkln da gerhna bln, v sayang emz q gx menyaksikan'y.

    BalasHapus
  12. Kira-kira gerhana bulan seperti itu ada pengaruhnya terhadap bumi gak???

    BalasHapus
  13. wahhh ketiduran tadi malam ...
    jam berapa sih gerhananya ????
    jadi pengen balik ke tadi malem ..
    hihihiii ..
    mampir2 ya guys :D

    salam hangat !

    BalasHapus
  14. mungkin untuk tanggal 10 desember..

    saya pasti melihat nya lagi....

    BalasHapus
  15. saya gk lihat..

    sangat menyesal banget...

    BalasHapus
  16. wktu tu saya gx liat malah ketiduran sayang banget tu..
    kpan lagi y??

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest