Sabtu, Januari 08, 2011

Kurang Jalan Kaki, Otak Bisa Mengecil



Berjalan kaki sejauh enam mil atau 9,66 kilometer dalam satu pekan bisa menjadi solusi untuk mencegah penyusutan otak dan melawan demensia. Hal ini disampaikan sejumlah peneliti AS, Rabu (14/10/2010).

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 300 orang di Pittsburgh, AS, yang mencatat berapa jauh mereka berjalan kaki setiap pekan menunjukkan, mereka yang berjalan setidaknya enam mil atau 9,66 kilometer lebih sedikit mengalami penyusutan otak yang terkait usia daripada orang yang berjalan kurang dari itu.

"Penyusutan ukuran otak pada masa dewasa akhir dapat menyebabkan masalah pada daya ingat. Hasil penelitian kami seharusnya mendorong dirancangnya suatu latihan fisik yang baik bagi orang lanjut usia sebagai sebuah pendekatan yang menjanjikan untuk mencegah demensia dan penyakit alzheimer," kata Kirk Erickson dari Universitas Pittsburgh, AS, yang penelitiannya muncul di jurnal Neurologi.

Penyakit alzheimer, bentuk paling umum dari demensia, perlahan-lahan membunuh sel-sel otak. Kegiatan seperti berjalan kaki telah terbukti meningkatkan volume otak.
Erickson dan rekan-rekannya melakukan penelitian untuk melihat apakah orang yang banyak berjalan kaki memiliki nilai tawar yang lebih baik untuk memerangi penyakit itu.
Mereka melakukan penelitian pada 299 sukarelawan yang bebas penyakit demensia dan mencatat secara rutin seberapa jauh mereka berjalan dalam satu pekan.
Sembilan tahun kemudian, para peneliti itu mengambil foto otak dari setiap sukarelawan untuk mengukur volume otak mereka.

Setelah empat tahun lagi, mereka kembali melakukan pengujian untuk melihat, jika ada sukarelawan yang mengalami kerusakan kognitif atau menderita demensia.
Mereka menemukan, orang yang berjalan kaki kira-kira enam sampai sembilan mil atau 9,6 km-14,49 km dalam sepekan memiliki risiko terserang gangguan daya ingat 50 persen lebih rendah dari mereka yang berjalan kaki kurang dari itu dalam sepekan.
"Hasil penelitian kami sejalan dengan data yang menyebutkan bahwa kegiatan aerobik menginduksi sejumlah sel-sel kaskada yang dapat meningkatkan volume materi abu-abu," kata tim peneliti itu.

Mereka mengatakan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan mengenai dampak latihan pada penderita demensia. Namun, dengan tidak adanya pengobatan efektif bagi alzheimer, berjalan kaki mungkin adalah satu hal yang dapat dilakukan untuk membantu.
"Jika olahraga teratur bagi orang paruh baya dapat meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat dan berpikir di kemudian hari, maka itu cukup menjadi salah satu alasan untuk melakukan olahraga secara teratur pada setiap golongan usia, sebuah upaya peningkatan bagi kesehatan masyarakat," kata Erickson.
Saat ini tidak ada obat yang dapat menghentikan perkembangan penyakit alzheimer, yang mempengaruhi lebih dari 26 juta orang di dunia.


Sumber : ANT, REUTERS

Like the Post? Do share with your Friends.

35 komentar:

  1. baiklah mulai besok aku akan jalan kaki.

    BalasHapus
  2. @Sang Cerpenis bercerita=> Heheheh, besok aku ikut jalan kaki mba..!

    BalasHapus
  3. Untung saya kadang-kadang jogging bersama suami. Kalau pas suami lari-lari, terkadang saya pilih jalan agak dipercepat, sehingga tidak ketinggalan. Eh ternyata jalan juga punya efek kesehatan yang luar biasa!

    BalasHapus
  4. wah..begitu yach....ok dech..mo jalan kaki...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah saya masih seneng jalan kaki meskipun kadang tanpa tujuan he he he

    BalasHapus
  6. baru tahu saya klo jalan kaki baik juga untuk kesehatan otak....thanks infonya....

    BalasHapus
  7. wach,info mantabs nich ka..
    untung saya sering jalan kaki..
    makasih

    BalasHapus
  8. terima kasih kerana singgah di blog omu...omu suka entry ni, sbb sekarang ni omu pergi belajar dengan jalan kaki...kajian ni menunjukkan jalan kaki lebih baik dari menaiki kenderaan..omu suka...omu follow kamu...sentiasa update yea...

    BalasHapus
  9. diriku emang jarang jalan kaki.....

    BalasHapus
  10. setidaknya kalo jalan2 ke Mall dihitung kan... >,< jalan kaki berjam-jam... dan ndak pake sepatu hak tinggi kok >.<

    BalasHapus
  11. saya paling suka jalan kaki.. Cz ndak punya kendaraan bermotor.. Haha =))

    Ngomong2 konfirmasi apa bozz??

    BalasHapus
  12. Untung saya lbh suka jln kaki sob, ketimbang naek kendaraan...
    :)

    BalasHapus
  13. TERNYATA, jln kaki itu byk manfaatnya ya...
    saya baru tau soal hal ini sob...
    mksh ya...

    BalasHapus
  14. Jaman sekarang sudah jarang orang yang jalan kaki, bahkan untuk jarak 100 m saja naik spd motor ...
    Makasih shob dah diingatkan ... akan berusaha perbanyak jalan kaki

    BalasHapus
  15. info yang bermanfaat sekaligus membuat saya sedikit takut, masalahnya saya jarang berolahraga dan seringnya kemana-mana pakai motor he.he

    BalasHapus
  16. Wah baru tahu sob
    kalo begitu

    BalasHapus
  17. woooooooooo
    saya malas jalan setelah kerja :(
    harus usaha neh biar ga makin bodoh :))

    BalasHapus
  18. demensia bhaya jga tuh ! tq buat sharingnya, salam sobat :)

    BalasHapus
  19. sering kok saya jalan kaki, alhamdulillah :)

    BalasHapus
  20. wah, setiaaap hari saya jalan kaki... pergi kantorr, pulang kantor, ke mall, jalan teruusss

    BalasHapus
  21. susah seh apalagi buat anak muda soalonya gengsinya tinggi kalo ga pake motor rasanya primitif aja gayanya padahal seandainya serempak anak muda berjalan kaki maka saya juga ikutan

    BalasHapus
  22. aku lebih suka pake sepeda sih.... sama aja nggak?

    BalasHapus
  23. ya sekarang pun kalau tidak terlalu jauh lebih baik berjalan kaki.....kemarin kebiasaan kemana-mana....cuma beli rokok misal, naik motor....^_^

    BalasHapus
  24. Wah, aku keseringan naik motor. Gimana ini. Berarti kedepannya aku harus banyak jalan kaki kali ya :)

    BalasHapus
  25. salam perkenalan...
    i follow u, u follow me :)

    BalasHapus
  26. jaLan kaki seLain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata ada manfaat Lain juga yah terhadap tumbuh berkembang otak biar enggak ada penyusutan. trims untuk sosiaLisasi informasinya.

    BalasHapus
  27. Kita harus perbanyak jalan kaki, jangan sampai kita lupa meluangkn waktu untk brjaln kaki.! Jaln kaki baik untuk kshatan.

    BalasHapus
  28. jalan kaki memang bagus buat kesehatan.
    bukan hanya otak saja tentu

    BalasHapus
  29. belum ada yang baru lagi ya ka....???

    BalasHapus
  30. Artikel yg mantap. Link anda sdh dipasang di blog saya & tolong link saya jg dipasang di blog anda

    BalasHapus
  31. Jadi ngeri juga habis baca artikel ni, dipikir pikir memang selama ini jarang banget jalan kaki. Kemana mana naik motor terus, walaupun jaraknya dekat.

    BalasHapus
  32. @Mood=> Harus rajin jalan kaki bro..! :D

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest