Sabtu, Desember 18, 2010

Sifat Diri Mempengaruhi Kondisi Kesehatan



Kepribadian bukan hanya melambangkan sifat dan tingkah laku seseorang, melainkan juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatannya. Kepribadian dapat berperan dalam menentukan seberapa sehat Anda.

"Kepribadian bisa membuat orang hidup lebih lama atau justru membunuhnya. Kepribadian memiliki dampak besar terhadap kesehatan Anda," kata Michael Miller, pemimpin redaksi dari Harvard Mental Health Letter, dilansir USNews, Jumat (17/12/2010).
Berikut beberapa tipe kepribadian dan kondisi kesehatan yang menyertainya:
1. Orang yang tidak sabar dan pemarah
Orang yang tidak sabaran, suka bermusuhan dan pemarah termasuk pada kepribadian tipe A yang diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit
jantung.

Bila tidak disadari, orang dengan kepribadian ini lebih mungkin memiliki kolesterol dan tekanan darah tinggi. Hal ini berhubungan dengan peningkatan hormon stres kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan peradangan pada dinding arteri koroner sehingga lebih berisiko serangan jantung.

Sebaiknya orang dengan kepribadian ini lebih bisa mengendalikan emosi dan amarah. Selain itu, latihan pernapasan dalam dan yoga juga dapat meredam emosi dan membuat Anda lebih tenang.

2. Impulsif
Kepribadian impulsif juga termasuk pada kepribadian tipe A, yang memiliki daya saing tinggi, bertindak tanpa berpikir dan tergesa-gesa. Orang dengan kepribadian ini juga lebih banyak mengalami penyakit jantung.

3. Orang yang santai
Orang yang memiliki sifat santai termasuk dalam kepribadian tipe B, yang bisa meluangkan waktu untuk menangani stres dengan baik. Orang dengan kepribadian ini cenderung memiliki kualitas hidup yang baik dan jauh dari penyakit jantung, gangguan pencernaan dan penyakit yang berkaitan dengan kekebalan tubuh.

4. Ekstrovert atau terbuka
Orang ekstrovert cenderung memiliki banyak teman dan sahabat, serta lebih dekat dengan keluarga. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal online PLoS medicine, orang dengan kepribadian ini lebih bisa bertahan hidup lama.

Penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial dapat membuat orang berperilaku sehat dan patuh pada aturan medis. Ikatan dengan orang lain juga mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Perfeksionis
Perfeksionis akan sangat membantu ketika seseorang mengikuti aturan yang ketat untuk pengobatan penyakit kronis seperti diabetes tipe-2 (diabetes karena gaya hidup).

Namun, perfeksionis dapat berarti menambahkan tekanan mental saat orang tersebut berbuat kesalahan dan tak mau meminta bantuan orang lain karena takut dianggap tidak mampu berbuat sempurna.

6. Agresif
Orang yang memiliki kepribadian agresif cenderung lebih kompetitif, manipulatif, egois dan sombong. Hal ini ternyata juga mencerminkan pola perilaku dalam kesehatan arteri yang memasok darah ke jantung, ginjal dan otak (organ penting dalam tubuh manusia).

Orang agresif biasanya memiliki arteri yang lebih tebal dan kurang elastis (aterosklerosis). Kondisi ini membuat orang-orang dengan sifat tersebut lebih rentan terhadap hipertensi dan stroke.

Sumber:detik.com



Like the Post? Do share with your Friends.

24 komentar:

  1. kalo chika ada penyakit pencernaan hehee...
    kenapa yaaaa

    BalasHapus
  2. segala sifat mungkin saja kita miliki, tinggal bagaimana kita mengontrolnya... sehingga baik untuk diri kita sendiri juga orang disekitar kita ^^

    kalo kata bang Haji, yang sedang-sedang ajah :)

    BalasHapus
  3. Hmmmpp,begitu ya ka...
    makasih atas share nya ya...

    BalasHapus
  4. kepribadian tidak dapat diubah tapi cuma bisa diperbauki

    BalasHapus
  5. Salam kenal sobat, saya merasa memiliki kepibadian ekstrovert, tapi saya juga ceroboh, kira-kira adakah hubungan ekstovert dengan ceroboh sob?

    BalasHapus
  6. salam sob
    point yang pertama yang bikin takut teman sob

    BalasHapus
  7. salam assalamu'alaikum

    HMMM Pantes apa aku kurus karena suka mikirin yg enggak2 ehhe alias suka esmosi hehhehe

    BalasHapus
  8. Menurut saya pribadi, sifat bisa dirubah asal ada kemauan keras. Misalnya (buka rahasia dikit) dulu saya suka protes, gak nerima kalo gak cocok cenderung agresif. Sekarang merendahkan hati, Alhamdulillah jadi lebih tenang dan sabar. Karena ada tujuan dan kemauan kuat. Ijin follow ya...

    BalasHapus
  9. ya ya bener banget sob.... ga ada yg salah.. good artikel.


    dukung saya di
    Viar sebagai motor indonesia

    BalasHapus
  10. met malam..saya termasuk yg gak sabaran dhe. hehee

    BalasHapus
  11. iya maz...
    sikap dan perilaku seseorang sangat mempengaruhi kesehatannya dan sebaliknya juga demikian kayaknya.

    kalo seseorang sedang ada masalah ya kebanyakan perilakunya akan sangat menjengkelkan utnuk dilihat biarkan saja terlebih dahulu sampai hawanya sejuk benar baru kemudian di sapa.

    Sikap yang kelihatan suka marah-marah akan membuat badan seseorang terkena tekanan darah tinggi atau stroke.
    Emosi memuncak darah akan banyak yang naik ke kepala, sedangkan anggota tubuh yang lain otomatis akan kekurangan darah.

    Bolehlah marah toh itu juga sudah menjadi watak manusia meskipun datangnya dari setan.
    Namun ya jangan terlalu lama terbelenggu oleh hawa amarah.

    Sikap yang pendiam pun juga demikian pula.
    pendiam kebanyakan.
    kebanyakan kan kurang adanya gerak tubuh.
    sementara tubuh sangat perlu untuk berkatifitas untuk membuang sel mati dalam tubuh melalui keringat.

    Olahraga teratur akan sangat baik bagikesehatan seseorang.
    Jaga kesehatan dengan olahraga serta makan makanan yang seimbang akan sangat baik untuk memperoleh kesehatan yang di idamkan.

    Cukup dulu maz...
    sukses selalu dan semoga sehat selalu serta dalam lindunganNya ya..

    BalasHapus
  12. salam sobat...
    visit lagi sambil memahami isi postingan..

    Kesehatan adalah segalanya

    BalasHapus
  13. sifat aku melankolis he he nggak ada ya di atas

    BalasHapus
  14. link dan follow udah terpasang

    BalasHapus
  15. makasih infonya kawan,bermanfaaat ni...
    salam kenal,kunjungan perdana :D

    BalasHapus
  16. assalamualaikum..
    saya seorang yang tergesa-gesa, kurang teliti dan tidak pandai matematika..hihihi
    (buka-bukaan dikit) : rahasia lho mas.
    salam

    BalasHapus
  17. Info yg bermanfaat.. thank infonya..

    BalasHapus
  18. yapz,, betul banget tuh,tentunya kita harus bersikap baik biar punya kesehatan yang baik pula..

    BalasHapus
  19. hmmm...
    setiap orang pastinya punya sifat yang buruk dan baik,,
    namun alangkah indahnya jika kebaikan itulah yang lebih banyak...
    biar tidak gampang sakit...

    BalasHapus
  20. memang betul kondisi tubuh kita tak hanya dirawat secara lahiriah,tetapi secara batin juga yaitu sikap kita...

    BalasHapus
  21. hmmm,,,,
    berarti kita harus selalu bersikap baik klo mu sehat,,,,

    BalasHapus
  22. waduh kalo gini harus bner bner jaga sikap saya..
    hehe

    BalasHapus
  23. Didalam hati yang kotor terdapat jiwa yang buruk..

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest