Jumat, Desember 24, 2010

Otak Cinta Manusia Berhasil Dipetakan

Banyak orang yang bilang kalau cinta itu gila dan sangat sulit dimengerti. Kini sebuah penelitian telah berhasil memetakan daerah di otak yang berhubungan dengan rasa cinta.

Sebuah penelitian berhasil mengeksplorasi hubungan antara organ jantung dan kepala atau otak. Kegilaan atau rasa cinta yang teramat dalam yang dialami seseorang terhadap pasangannya ternyata bisa memicu kucuran deras aktivitas listrik yang melalui otak. Ilmuwan Amerika Serikat telah membuat sebuah peta di otak yang mengatur mengenai cinta.

"Tidak kurang dari 12 bagian otak yang bekerja sama untuk memproduksi dan mempertahankan perasaan cinta di dalam tubuh seseorang," ujar Dr Stephanie Ortigue dari University of Syracuse, seperti dikutip dari DailyTelegraph, Jumat (22/10/2010).

Dalam hasil penelitian ini diketahui bahwa peta mengenai cinta di otak sangat kompleks. Daerah-daerah di otak yang masuk ke dalam peta ini juga mengatur perilaku lain seperti motivasi, penghargaan, perhatian dan juga citra tubuh (body image).

Dalam percobaan ini partisipan yang bergabung akan ditampilkan nama-nama orang yang dicintainya dan diukur dengan menggunakan alat electroencephalogram (EEG). Alat EEG high-density ini akan mengukur volume aktivitas elektrik diantara sel-sel otak.

Hasilnya, didapatkan aktivitas elektrik akan meningkat dalam 200 milidetik ketika foto orang yang dicintainya terlihat.

"Waktu tersebut lebih cepat dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan untuk kecepatan melakukan kegiatan tidak sadar seperti berkedip dan juga berpikir," ungkap Dr Ortigue.

Semburan elektrik yang diukur oleh Dr Ortigue terjadi di dalam daerah otak 'angular gyrus', yaitu salah satu dari 12 bagian otak yang terkait dengan perasaan cinta. Daerah ini juga berperan dalam memproses gambar visual, suara, pemahaman bahasa dan representasi diri tubuh.

Dua daerah lain yang turut berperan adalah caudate nucleus dan juga putamen. Kedua daerah ini turut menyala dalam percobaan lain yang melibatkan 17 pasangan penuh cinta ketika diperlihatkan foto sang kekasih selama 17 detik. Kedua bagian otak ini berhubungan dengan senyawa kimia dopamin di otak, sensasi euforia dan juga penghargaan.





Selain itu pada pasangan yang harmonis tidak ditemukan rasa cemas atau ketakutan berlebihan akan kehilangan pasangan. Hal ini membuat sikap penghargaan dan motivasi sangat aktif berkembang pada pasangan harmonis. Bagian otak ini akan sama aktifnya saat seseorang menggunakan kokain.


Sumber: detik.com


Like the Post? Do share with your Friends.

21 komentar:

  1. pagi..
    sungguh kemajuan teknologi semakin bisa dicapai saja sob

    BalasHapus
  2. @TomoKemajuan brkembang sngt pesat...!

    BalasHapus
  3. ass. Kunjungan balasan ke blog sahabat baik.

    Tengkyu, uda aku follow balik ya.... ^_^
    salam ukhuwah dari Lamongan...

    BalasHapus
  4. woww keren yaa bisa dipetakan kayak gitu heheee

    BalasHapus
  5. kunjungan pagi kawan,,,,mantep nih postingannya..teknologi sekarang memang TOP..:))
    oh iya mas..saya sudah jawab pertanyyan masnya,,,,
    lam kenal yah...

    BalasHapus
  6. Kunjungan perdana...

    Salam hangat dan selamat beraktifitas
    Kemajuan Zaman yang luar biasa meskipun sulit di mengerti

    BalasHapus
  7. makasih gan atas share pengetahuanya...
    bermanfaat banget....

    BalasHapus
  8. wah..wah.. teori dan penelitian ini bisa mementahkan dari teori agama, sebagaima yang kita pahami dalam agama bahwa semua perasaan benci dan sayang itu berhasal dari hati

    BalasHapus
  9. manusia sekarang semakin pinter2 aja ya...

    BalasHapus
  10. wow... kemajuan teknologi yang begitu maju... >.< sampe tentang cinta pun ditelaah >.< dan semoga bisa bermanfaat yah ^^

    BalasHapus
  11. @pakde sulasDi buku Kuantum Ikhlas, MASIh djelaskn masalah ini. Kalo agama, dan ada di al Qur'an, pasti tdk terbantahkan pak..!!

    BalasHapus
  12. Itu masih sebagian kecil rahasia kehidupan yang terungkap.

    Semoga ilmu pengetahuan adalah untuk mendapatkan solusi masalah.

    Tx infonya...

    BalasHapus
  13. Teknologi semakin canggih ya, cepet banget berkembangnya.
    Bahkan hal yang belum lama dianggap mustahil pun sekarang sudah bisa dibuktikan!

    BalasHapus
  14. apa bener...ato ini cuman teori saintis aja koch..

    BalasHapus
  15. makin kentara cinta itu complicated :D
    hahaha

    BalasHapus
  16. wah makin mantab aja ya kemajuan teknologi skrng, otak cinta aja bisa di petain. Thanks and salam kenal

    BalasHapus
  17. selain gyrus angularis, nukleus caudatus, dan putamen, apa lagi yang termasuk bagian otak yang mengatur cinta? trus bagaimana hubungannya dengan jantung (atau bahasa ruh nya hati)?

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest