Sabtu, Desember 04, 2010

Cara Mempengaruhi Orang Lain

Pernahakah anda mencoba untuk mempengaruhi orang lain baik dalam pemahaman, pikiran dan tindakan? Sebagian orang mudah kita pengaruhi dan ada juga sebagian orang yang sulit untuk dipengaruhi. Kenapa sulit untuk mempengaruhi seseorang? sebab kita tidak tahu bagaimana cara untuk meyakinkan mereka agar memiliki kesamaan dengan apa yang kita pikirkan.

Tidak ada salahnya jika kita menggunakan teknik tertentu yang dapat mempengaruhi mereka semua. Cara mempengaruhi orang lain dengan dasar Pendekatan Komunikasi Persuasi dikemukakan oleh Ariatoteles yang menyatakan terdapat 3 pendekatan dasar dalam komunikasi yang mampu mempengaruhi orang lain, yaitu;

1. Logical argument (logos), yaitu penyampaian ajakan menggunakan argumentasi data-data yang ditemukan. Hal ini telah disinggung dalam komponen data.

2. Psychological/ emotional argument (pathos), yaitu penyampaian ajakan menggunakan efek emosi positif maupun negatif. Misalnya, iklan yang menyenangkan, lucu dan membuat kita berempati termasuk menggunakan pendekatan psychological argument dengan efek emosi yang positif. Sedangkan iklan yang menjemukan, memuakkan bahkan membuat kita marah termasuk pendekatan psychological argument dengan efek emosi negatif.

3. Argument based on credibility (ethos), yaitu ajakan atau arahan yang dituruti oleh komunikate/ audience karena komunikator mempunyai kredibilitas sebagai pakar dalam bidangnya. Contoh, kita menuruti nasehat medis dari dokter, kita mematuhi ajakan dari seorang pemuka agama, kita menelan mentah-mentah begitu saja kuliah dari dosen. Hal ini semata-mata karena kita mempercayai kepakaran seseorang dalam bidangnya.

Menurut Burgon & Huffner (2002), terdapat beberapa pendekatan yang dapat dilakukan agar komunikasi persuasi menjadi lebih efektif. Maksudnya lebih efektif yaitu agar lebih berkesan dalam mempengaruhi orang lain. Beberapa pendekatan itu antaranya;

1. Pendekatan berdasarkan bukti, yaitu mengungkapkan data atau fakta yang terjadi sebaga bukti argumentatif agar berkesan lebih kuat terhadap ajakan.

2. Pendekatan berdasarkan ketakutan, yaitu menggunakan fenomena yang menakutkan bagi audience atau komunikate dengan tujuan mengajak mereka menuruti pesan yang diberikan komunikator. Misalnya, bila terjadi kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah maka pemerintah dengan pendekatan ketakutan dapat mempersuasi masyarakat untuk mencegah DBD.

3. Pendekatan berdasarkan humor, yaitu menggunakan humor atau fantasi yang bersifat lucu dengan tujuan memudahkan masyarakat mengingat pesan karena mempunyai efek emosi yang positif. Contoh, iklan-iklan yang menggunakan bintang comedian atau menggunakan humor yang melekat di hati masyarakat.

4. Pendekatan berdasarkan diksi, yaitu menggunakan pilihan kata yang mudah diingat (memorable) oleh audience/ komunikate dengan tujuan membuat efek emosi positif atau negative. Misalnya, iklan rokok dengan diksi “nggak ada loe nggak rame…”.

Namun keempat pendekatan tersebut dapat dikombinasikan sesuai dengan tujuan persuasi dari komunikator. Misalnya pendekatan berdasarkan humor dikombinasikan dengan pendekatan berdasarkan diksi. Ataupun pendekatan berdasarkan ketakutan dikombinasikan dengan pendekatan berdasarkan bukti.



Daftar Pustaka

M. Ghojali Bagus A.P., S.Psi. Buku Ajar Psikologi Komunikasi – Fakultas Psikologi Unair 2010





Like the Post? Do share with your Friends.

19 komentar:

  1. kalo mempengaruhi blogger gimana yah^^

    BalasHapus
  2. @Chika: Nantilah sy posting.., ^_^ tp susah sebenarnya..!

    BalasHapus
  3. ini seperti hipnotis melalui pendekatan saja sob
    wah teknik yang bagus

    BalasHapus
  4. pendekatan berdasarkan bukti yang ada akan lebih cepat mempengaruhi

    BalasHapus
  5. ikutan baca2 sob
    memperngaruhi jalan pikiran orang susah-susah gampang

    BalasHapus
  6. salam sob
    thanks sharenya
    pas untuk diterapkan ini

    BalasHapus
  7. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ------

    Intinya semua bermuara pada alam bawah sadar juga bukan?
    Saya paling ndag bisa pndekatan berdasarkan humor, bawaanya pasti garing

    ^^

    ------

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    BalasHapus
  8. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ------

    @ Mba Chika: Nah mba, blogger apa bukan orang mba? O__O

    Berarti saya ini ayam ya..hehehehe

    ------

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    BalasHapus
  9. wah asiik neh..
    jdi sistem hipnotis sama kayag itu tah kk ?

    BalasHapus
  10. harus say baca berulang ulang supaya bisa mempraktekkan jika mengajar bro

    BalasHapus
  11. wah wah.... ilmu public relation niy ^^.....

    BalasHapus
  12. untuk mempengaruhi orang lain harus memiliki wibawa :D

    BalasHapus
  13. sepertinya aku harus mencoba
    aku sulit sekali mempengaruhi orang lain

    BalasHapus
  14. ok juga nih cara nya,,
    langsung di coba aja ah,,

    mksiih buat info nya,,,

    BalasHapus
  15. ok juga cara nya,,

    langsung di coba aja ah cara nya

    BalasHapus
  16. ough gto ya cra'y,,,
    cra tu termasuk sperti hipnotis gx sob?he...
    nice bwt ibfo'y semoga mkin skss trz mas,,

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest