Rabu, Desember 22, 2010

Dari Sang Pangeran

Bukan sekedar posting, namun ini merupakan janji kepada diri sendiri dan janji kepada Mba Fanny. Tanggal 10 November yang lalu, saya komen di postingan Mba Fanny kalau Wawank mau ikut, apalagi Mba Fanny butuh bantuan untuk masalah tafsir menafsir. Namun sejujurnya, masalah puisi, saya juga kurang ahli, apalagi ingin menafsirkan puisi seseorang Pangeran. Tentu saja Sang Pangeran sudah mendesain kata demi kata untuk mengungkapkan isi dalam hatinya, merangkai kalimat demi kalimat menjadi puisi yang seharum bunga mawar. Hebat ya, kalau puisi bisa seharum bunga mawar, tapi boleh dicoba. Caranya, buat puisi yang super, kemudian biarkan puisi itu berdampingan saling berpelukan dengan seikat bunga mawar. Pasti keren.!

Ok deh, saya mulai menafsirnya berdasarkan apa yang bisa saya dapatkan. Puisinya gini,


Hasil Penafsiran:

Pada puisi Sang Pangeran, “PUISIMU PUISIKU”, saya membagi tiga bagian yakni awal, pertengahan, dan akhir puisi.

Untuk Awal Puisi

Merayu diartiakn sangat sulit dalam bait pertama, disaat ada berbagai masalah yang menghadang. Tersirat dalam kalimat Sang Pangeran, “Ketika Jempol Kaki Terantuk Batu”. Mungkin saja ada sesuatu hal yang menjadikan merayu sangatlah sulit. Ungkapan itu terlihat jelas pada kata, Amboi nyut..nyut,, hati siapa tak berdenyut, hati siapa tak terajut.

Untuk bagian pertengahan

Kita Rajut Ikan Paus, menurut saya. Inilah inti dari puisi Sang Pangeran. Sebuah ungkapan yang merupakan harapan. Mungkin saja, itulah Cinta. Namun dengan kreatifnya, Sang Pangeran mencoba menggunakan Ikan Paus. Kemudian, dengan Benang Merah Muda, Sambil menyanyi penuh mesra,"Menanam Jagung di Kebun Kita ", yang saya bisa tangkap yaitu, Cinta itu akan dirajut dengan penuh rasa kasih saying yang akan berbuah keharmonisan dan kebahagian yang akan selalu tumbuh,. (Jagungnya sudah di tanamkan? Nanti buat acara bakar-bakar jagung Mba..!)

Selanjutnya,

Hai ambilkan jarum dong...
Oke..oke...dang ding dong....

Kalau yang bisa saya maknai, sepertinya sudah terjalin hubungan yang semakin erat disini. Bahkan waktu berjalan dengan cepat, dan menjadikan semuanya indah dengan kata “Selesai”. Artinya, ada beban dari Sang Pangeran yang telah terlepas setelah dia mengatakan “Selesai”.

Untuk bagian akhir

Kau ambil ember itu, kalimat ini mengisyaratkan kalau Sang Pangeran telah mulai menemukan tempatnya. Cinta yang dulu dicari, telah di dapatkan. Dalam ruang yang sederhana, namun cinta Sang Pangeran, membesar, membesar, membesar, dan memenuhi Samudera. Dari waktu ke waktu kian bertambah, itulah sejatinya cinta yang harus dimiliki.

Nah, sekian dulu tafsirannya Mba, kalau dalam Tafsir Puisi Sang Cerpenis harus disebutkan judul Novel yang diinginkan, saya pilih Ghostgirl Homecoming karya Tonya Hurley.

^_^
Makasih.


Like the Post? Do share with your Friends.

19 komentar:

  1. mantap...hehehe...oke saya catat namamu sbg peserta ya.makasih lho...moga menang ya...

    BalasHapus
  2. Ok kak, menang atw tidak menang gak jd masalah..!!
    Sy juga belajar tafsir puisi..,

    BalasHapus
  3. Tulisan di gambar kurang jelas ya..?

    BalasHapus
  4. Wah..mantabs2.tafsir puisinya, semoga menang kawan...

    Salam hangat & sukses selalu...

    BalasHapus
  5. Tafsirnya kakak, jg mantap..!

    BalasHapus
  6. gubraaak!! asli ga ngerti soal ginian... kabur sajaaah.. semangat sob!!! semoga menang....

    BalasHapus
  7. Gubraaaak jg....!! hehehehehe

    BalasHapus
  8. semoga menang sob.....atas tafsir mentafsir puisi tempate mbak fanny...

    BalasHapus
  9. @Sang Cerpenis bercerita Gambarnya khusus saya buat untuk mba Fanny..! :D

    BalasHapus
  10. Met siang sobat,aq dtg untuk menfollow balik,thank atas krja sama nya.Lam knl

    BalasHapus
  11. mantabs bener dech..
    i like it...
    thx

    BalasHapus
  12. wah.... Keren banget, saya salut karena anda bisa dan ahli dalam puisi. kalau saya, jangankan bikin puisi, baca puisi dengan baik dan benar aja nggak bisa, hehe... Tapi nggak apa2lah, saya jadi pendengar yang menikmati puisi aja lah...

    Salam blogger...
    Agan Tuan Muda Blogger Kalsel.

    Jika anda ingin menghubungi saya, silahkan kirim pesan di facebook atau mention di twitter, thanks...

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest