Senin, November 29, 2010

Kebiasaan Buruk yang Menyehatkan


Banyak yang bilang, hidup sehat itu harus dilakoni dengan menjauhkan diri dari gaya hidup yang buruk. Nyatanya hal itu tidak sepenuhnya benar. Terkadang, kita juga perlu melakukan hal-hal "buruk" untuk menjauhkan tubuh dari penyakit.

"Kebiasaan buruk bisa membuat kita bertingkah seperti anak kecil, karena itu disebut baik atau buruk tergantung situasinya," kata Dr Daniel J Carlat, ahli psikiatri dari Tuft University School of Medicine.

Ini daftar 3 kebiasaan buruk yang bisa bikin sehat.

Mengumpat
Jujur saja, meski terkadang kata yang keluar dari mulut saat mengumpat bisa membuat kuping orang yang mendengar jadi "panas", ternyata mengucapkan sumpah serapah memang bisa bikin kita merasa lebih lega, terutama saat kita menghadapi suasana yang bisa bikin frustrasi dan marah.

Bukti secara ilmiah mengenai hal itu disodorkan oleh para ahli dari Keele University di Inggris yang menyebutkan bahwa mengumpat bisa mengurangi nyeri fisik. Menyumpah diketahui akan meningkatkan detak jantung dan agresi sehingga membantu tubuh melawan rasa sakit.

Mendengar musik dalam volume keras
Akhir-akhir ini merasa daya ingat Anda mulai melemah dan sulit berkonsentrasi? Carilah musik dari band rock favorit Anda dan setel-lah dalam volume cukup keras.

Para ahli dari Skotlandia percaya, mendengarkan musik rock dalam volume keras bisa meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan daya ingat. "Mendengarkan musik favorit bisa membuat tubuh lebih rileks dan mengangkat mood," kata Kimberly Sena Moore, terapis musik. Meski begitu, ia mengingatkan agar mendengar musik dalam suara terlalu keras ini jangan terlalu sering dilakukan karena bisa merusak gendang telinga.

Minum alkohol
Menikmati alkohol secara berlebihan memang bisa mendatangkan penyakit. Namun, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam pertemuan American Heart Association menyebutkan, minum alkohol dalam skala moderat mampu mengurangi risiko serangan jantung hingga 25 persen.



Sumber: AolHealth



Like the Post? Do share with your Friends.

15 komentar:

  1. wah... kayaknya saya harus mencoba salah satu dari ketiga hal di atas :)

    BalasHapus
  2. sesuatu yg berlebihan itu emang ga boleh, kalo sedikit jadi boleh :)

    BalasHapus
  3. wah, tapi jgn mengumpat pake kata2 kasar ya..hi hihi...

    BalasHapus
  4. what you think you can do, yes.. you do!

    BalasHapus
  5. Minum alkohol bukannya bikin serangan jantung sob?
    Trus aku agak ngga setujusama mengumpat.


    Hehehe.

    BalasHapus
  6. kalo musiknya mendayu-dayu didengarkan pake suara yang sangat keras emang ndak seberapa enak, kalo musik rock suara pelan malah ndak enak >.< jadi emang enak dengerin musik rock pake volume keras ^^ dan ternyata bermanfaat juga ^^

    BalasHapus
  7. haha... kebiasaan buruk namun menyehatkan wah suwun iki sharenya

    BalasHapus
  8. mengumpatnya jangan terlalu pokoknya

    BalasHapus
  9. slam sob
    thanks sharenya
    kebiasaan ini sering aku lihat

    BalasHapus
  10. semua jg kalo dgn dosis yg sesuai alias gak over dosis, pasti bikin sehat

    BalasHapus
  11. wah..kebiasaan buruknya ga bs aku ikutin ni..hihi..krn kl ngumpat sk cape, dan aku ga suka musik rock..jg alkohol..ahaha..
    mgkn lain wkt boleh dicoba salah satunya...hehe

    BalasHapus
  12. tak ada satupun yang biasa aku lakukan dek, aku sukanya jadi anak-anak misalnya suka nonton spongebob bareng anak aku, dragon ball, naruto atau one piece he he

    BalasHapus
  13. tiga-tiganya gw suka tuh bung...wkwkwkwkwk...ASUemik....

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest