Minggu, Agustus 22, 2010

Kematangan Mental

Hari esok akan tiba dengan membawa beribu pesan kehidupan untuk kita pelajari. Kita akan menemukan ruang untuk belajar dengan baik jika kita terus berlari mengejarnya. Perjalanan baru akan kumulai, dengan memasuki dunia psikologi, dan lewat blog ini, kan kulangkahkan langkahku mulai detik ini. Inilah postinganku, "Kematangan Mental".

Istilah kematangan mental itu mengandung skala, dari yang rendah, menengah, atau atas. Untuk melihat dimana sebetulnya skala kematangan kita, ini bisa kita lihat dari ciri-ciri umumnya:
1. Punya kapasitas untuk memenuhi kebutuhan hidup, minimalnya pada batas-batas yang normal (standard), baik kebutuhan lahir dan batin, materi dan nilai, atau personal-sosial.
2. Realistis: pikiran dan keputusannya membumi, punya landasan fakta atau realita atau data. Maksudnya, sudah berkurang menggunakan hawa nafsu, tebakan, asumsi negatif atau keinginan yang utopis.
3. Tanggung jawab: tidak mengandalkan orang lain atau menyerahkan nasibnya pada keadaan, melainkan pada usahanya.
4. Bersedia untuk menguji asumsi, opini, atau keyakinannya secara objekif sehingga tidak seenaknya sendiri, main benarnya sendiri, atau maunya menang sendiri.
5. Keputusan dan perilakunya lebih banyak didorong oleh reason(alasan-alasan yang berbasis akal sehat), bukan didorong oleh reaction(reaksi sesaat).
6. Punya kemampuan untuk menjadi orang yang asertif dalam berkomunikasi (sopan dan kuat), tidak agresif atau pasif, bersahabat tetapi tidak lemah atau selalu ingin cari-muka.
7. Menjadi lebih fleksibel dan berpikir terbuka, bukan semakin kaku dan gampang menuduh / menghakimi orang lain.
8. Menjadi lebih inquisitive dan explorative (ingin tahu, ingin menambah ilmu, pengalaman, ingin meningkatkan kualitas hidup, dst), bukan sudah merasa tahu segalanya sehingga kurang ingin tahu atau tidak mau tahu.
9. Bisa mengambil tindakan berdasarkan perkembangan keadaan secara intuitif (spontan), tidak mikir terlalu lama atau langsung menolak.
10. Menikmati masa lalu, meyakini masa depan, dan menggunakan hari ini seoptimal mungkin dengan mengaktualisasi diri.

Bila kita memahami poin-poin tersebut, maka kita bisa mengukur kematangan diri kita sendiri. Kita akan mengerti cara untuk melanjutkan hidup lebih baik, hidup adalah seni merangkai air mata dan tawa. Semoga hidup kita selalu menjadi inspirasi untuk setiap orang. Amiin

=))


Like the Post? Do share with your Friends.

15 komentar:

  1. hai adekkkk... ^^

    wah mantab postingannya >.<

    BalasHapus
  2. benar sekali mas terimakasih

    BalasHapus
  3. jika kita sudah memilik mental yg kuat seperti poin" diatas, niscaya kita akan bs menjadi orang yg mandiri dan sukses .. amiin :)

    BalasHapus
  4. Semoga kita dapat menjalankan dengan sebaik-baiknya.
    Amiin

    BalasHapus
  5. hmmm... sepertinya ke10 ciri itu sdh ada padaku, hahahaha... #ketawasetan

    BalasHapus
  6. @Kang Sugeng Mantap dong low dah dapat..!!! Smga dpertahankn Kang.!

    BalasHapus
  7. postingannya serius ya?
    tapi bagus kok.. :)
    Keep writing.

    BalasHapus
  8. @-Gek- Serius kak.! Smga brmanfaat ya.,

    BalasHapus
  9. Mental harus tetap dimatangkan untuk menapaki jalan kehidupan ini

    BalasHapus
  10. Mental harus tetap dimatangkan untuk menapaki jalan kehidupan ini

    BalasHapus
  11. Mental harus tetap dimatangkan untuk menapaki jalan kehidupan ini

    BalasHapus
  12. During the World War II, Art Deco jewellery was ugg sale a very popular style among women. The females started ugg boots wearing short dresses and cut their hair short. And uggs such boyish style was accessorized with Art Deco jewellery. They used cheap ugg boots long dangling earrings and necklaces, multiple bracelets and bold ugg boots uk rings.Art Deco jewellery has harshly geometric and symmetrical theme instead disocunt ugg boots of free flowing curves and naturalistic motifs. Art Deco Jewelry buy ugg boots today displays designs that consist of arcs, circles, rectangles, squares, and ugg outlet triangles. Bracelets, earrings, necklaces and rings are added with long ugg boots outlet lines and curves.One example of Art Deco jewelry is the Art Deco ring. Art Deco rings have ugg mall sophisticated sparkle and bold styles. These rings are not intended for a subtle look, they are meant to be noticed. Hence, these are perfect for people with bold styles.

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest