Minggu, Juli 04, 2010

9 Cara Menghentikan Ngorok

Ngorok alias mendengkur merupakan gangguan yang sudah umum terjadi. Hal ini biasanya sangat mengganggu, terlebih pada orang yang sudah memiliki pasangan. Bagaimana cara menghentikan ngorok?
Mendengkur sudah sangat umum terjadi di masyarakat, yang mempengaruhi 40 persen laki-laki dan 25 persen perempuan. Mendengkur biasanya mengeluarkan suara serak, mendesis, mendengus saat bernapas selama tidur.


Orang usia lanjut paling rentan mendengkur. Sekitar sepertiga dari orang usia 55-84 tahun mengalami gangguan ngorok.
Seperti dilansir dari Howstuffworks, Jumat (2/7/2010), berikut 9 cara menghentikan ngorok:
1. Tidur menyamping.
Orang akan cenderung mendengkur ketika tidur telentang (kepala menghadap atas), sedangkan tidur tengkurap (kepala menghadap bawah) akan membuat leher dan napas tersiksa selama tidur. Cobalah untuk tidur menyamping untuk menghetikan ngorok.
2. Kurangi berat badan.
Kelebihan berat badan terutama di bagian leher, akan memberikan tekanan pada sistem pernapasan, yang menyebabkan pengurangan parsial dan ngorok saat tidur.
3. Hindari alkohol dan obat tidur.
Alkohol dan obat tidur dapat menekan sistem saraf pusat dan relaksasi otot-otot leher dan rahang, yang membuat orang lebih mungkin mendengkur. Kedua zat ini juga dikenal menyebabkan gangguan tidur sleep apnea, yaitu kondisi berbahaya yang dikaitkan dengan penyakit jantung.
4. Segera obati alergi
.
Alergi pernapasan kronis dapat menyebabkan mendengkur dengan memaksa penderita untuk bernapas melalui mulut selama tidur. Mengambil antihistamin sebelum tidur dapat membantu.
5. Menggunakan penyegar mulut
.
Dokter atau dokter gigi mungkin akan meresepkan penyegar mulutanti-snoringyang dapat membersihkan mulut sekaligus menjaga otot rahang bawah menjadi lebih longgar.
6. Berhenti merokok
.
Merokok dapat membahayakan sistem pernapasan yang akhirnya dapat membuat orang mendengkur.
7. Tidur teratur
.
Tidur cukup serta tidur dan bangun secara teratur dapat menghentikan kebiasaan ngorok.
8. Meninggikan kepala.
Tidur dengan kepala ditinggikan mungkin akan melepaskan beberapa tekanan pada sistem pernapasan, sehingga bernapas terasa lebih mudah. Angkat kepala tempat tidur dengan menempatkan balok kayu di bawah tempat tidur atau menopang tubuh bagian atas dengan bantal (bukan hanya kepala, karena itu justru bisa menghambat pernapasan).
9. Konsultasi ke dokter bila Anda sedang hamil dan mendengkur
.
Terkadang, beberapa wanita hamil mendengkur. Mendengkur dapat terjadi karena berat badan meningkat dan perubahan hormon kehamilan menyebabkan otot-otot rileks. Apa pun penyebabnya, mendengkur selama kehamilan dapat mengurangi jatah oksigen untuk bayi. Segera konsultasi ke dokter bila mengalami hal ini.


Sumber: detik.com

Like the Post? Do share with your Friends.

20 komentar:

  1. wah aku punya temanyang tidurnya mendengkur....nanti aku kasih resep ini ke dia ah..biar ngoroknya berhenti :)

    BalasHapus
  2. Makasih tipsnya sob..saya mau coba

    BalasHapus
  3. sy gak ngorok tidurnya sob....hehehehe

    infonya buat kk ku tercinta az deh ~__~

    oh ya utk lagu2 romantis korea atw pun jepang banyak koq...dah beberapa adik sy posting
    sy yg paling suka ini

    koleksi-osi.blogspot.com/2010/05/supernovacho-shin-sung-mogokoro-mp3.html

    mungkin krn video klipnya yg buat aku jd kesemsem sama ni lagu ~__~

    BalasHapus
  4. Tips yang menarik....Tapi saya ga thu ni tidurnya ngorok ga ya heheeeee.....!!!
    Good blog and good post. thanks

    BalasHapus
  5. Wah tips oke ni di karna kan ane sering mendengkur apa bila kecapean kerja sob...thnxs info nya sob...salam persahabatan sob

    BalasHapus
  6. @ariefborneo Harus tidur yg tratur Sob.! O.K.. Salam Persahbtn.!

    BalasHapus
  7. wah aku banget nih dek, merokok, tidur nggak teratur, dan gemuk hikks

    BalasHapus
  8. ada yang bilang mengorok berbahaya

    BalasHapus
  9. semoga tips ini bisa aku pake sahabat

    BalasHapus
  10. turorial yang mantep banget sob.. tapi gw gak ngorok tuh kalo tidur.. hehe. buat temen gw kali yaaa

    BalasHapus
  11. kalo gw saranin pake rokok listrik bro....aman,hehehe

    mampir n komen balik donk

    BalasHapus
  12. hehe tau aj nh klo aq ngorok klo tdr...thanks ya sob atas masukannya....

    BalasHapus
  13. Kalo aku ngorok aku biarin aja gan.
    Uda takdir ilahi.sulit tuk menyudahinya

    BalasHapus
  14. hayooo, makanya jangan ngerokok. hehe
    salam kenal balik yaa :)

    BalasHapus
  15. As a child who sought to cheap links of london necklaces be more attractive, it is a little peculiar that I didn’t like such as ornaments, discount links of london necklace earrings and rings in the opening. To tell the candor, I didn’t think charms is unusual and I thought that the designs links of london necklaces sale were too related. For example, many charms were just minimal chains and they links of london necklaces uk couldn’t magnetize my interest at all.

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest