Selasa, Mei 18, 2010

Siap-siap Awal Juni Mulai Musim Kemarau

Anomali positif atau suhu di Laut Selatan Jawa cukup berpengaruh pada perubahan musim saat ini sehingga musim penghujan masih potensial turun hingga minggu ketiga Mei 2010.
"Suhu permukaan laut barat daya Jawa masih menunjukan anomali positif sehingga menghembuskan uap air sehingga kawasan Jawa Barat khususnya masih turun hujan," kata Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandung, Susi Susiana, Senin (17/5/2010).


Menurut Susi, tekanan di barat daya Jawa masih pisitif sehingga potensial menghembuskan angin yang membawa uap air yang cukup signifikan dan merata di seluruh Jawa Barat.
Sementara itu hembusan angin juga masih belum tetap. Terkadang angin berhembus dari arah barat, timur bahkan dari selatan.
"Masih ada hembusan angin dari barat dimana membawa uap air seperti saat ini sehingga hujan masih turun, kadang dari timut. Biasanya musim kemarau angin bertium dari timur ke barat, dan saat ini belum konsisten," kata Susi.
Kecepatan angin di kawasan Jawa Barat saat ini rata-rata 12 knot per jam, atau masih cukup kencang. Sementara itu potensi angin ribut atau puting beliung masih cukup besar pada pergantian musim ini.
Prakirawan BMKG itu menyebutkan, saat ini memang sudah memasuki akhir musim penghujan. Namun karena masih ada anomali positif dilaut selatan Jawa, maka hujan masih turun.
"Beberapa waktu lalu hujan sudah mulai berkarakter lokal, namun saat ini karena pengaruh tekanan dan anomali positif di barat daya Jawa, membuat hujan merata di seluruh wilayah Jabar," katanya.
Meski demikian, proses pergantian musim saat ini masih pada tahapan normal dan kemungkinan pada awal Juni mulai memasuki musim kemarau.

Sumber:kompas.com

Like the Post? Do share with your Friends.

19 komentar:

  1. waduh...
    bukan kemaraunya yg ditakutin tp pancarobanya...

    have a nice day ^^

    BalasHapus
  2. udah mau musim kemarau ya?
    pergantian musimnya yg gak enak...
    tapi moga semuanya baik-baik aja.

    BalasHapus
  3. MESTI SIAPIN KESEHATAN DONG NIH...

    BalasHapus
  4. makasih infonya agar tetap waspada.

    BalasHapus
  5. musim pancaroba begini cenderung rentan sakit mata, batuk, pilik dan diare

    BalasHapus
  6. wah saya mau beli danau aja atau wadu kalau gitu ...biar nga kehabisan air....(hehehe...sok kaya...heheh)

    salam kenal sobat...follow + visit back ya....

    BalasHapus
  7. makasih infonya, ya ... pergantian musim seringkali menimbulkan efek negatif buat tubuh, ya. Semoga tetap fit deh.. amiiin

    BalasHapus
  8. tapi sekarang sudah sering hujan nih....so..?

    BalasHapus
  9. menurut bulan hijriyah "robiul ahir "
    itu musim kemarau tetapi kenapa sering ada hujan ya

    BalasHapus
  10. weks...
    bakalan banyak yang kena ISPA niy..

    BalasHapus
  11. Haduh2, kemaren baru aja PDAM mogok ngasih jatah air, sekarang mau musim kemarau, apa kata dunia kalo dunia udah tua?

    Mampir n komen balik ya

    BalasHapus
  12. sekarang musim tak menentu..om....kasihan para petani....

    BalasHapus
  13. Mesti di lewati dgn sabar, krn itulah hidup, kita mesti berjuang :)

    BalasHapus
  14. tapi kayaknya cuaca sekarang jadi gak menentu ya bung...kata bu guru gw dulu, musim ujan tuh ada di bulan yg ada "R"nya....sedang musim kemarau dibulan yg gak ada "R"nya...contoh januaRi, maRet (bulan yg ada "R"nya)

    BalasHapus
  15. Wah, makasih infonya :) Sekarang, susah yah ngapalain ramalan cuaca, nggak kayak dulu :(

    Makasih dah singgah ke blog saya :)

    BalasHapus
  16. wadow...

    aku cuma khawatir ma air kosku, hehehe....

    salam kenal ya, ditunggu kunjungan baliknya, oa ijin mau follow, follow balik y kalau tertarik,^^

    BalasHapus
  17. sekarang ma sulit di prediksi hehehehhehe

    BalasHapus
  18. As a child who sought to cheap links of london necklaces be more attractive, it is a little peculiar that I didn’t like such as ornaments, discount links of london necklace earrings and rings in the opening. To tell the candor, I didn’t think charms is unusual and I thought that the designs links of london necklaces sale were too related. For example, many charms were just minimal chains and they links of london necklaces uk couldn’t magnetize my interest at all.

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest