Selasa, Mei 11, 2010

Penyebab Hilangnya Nafsu Makan

Hilang nafsu makan umumnya dialami orang sakit. Tapi hilang nafsu makan tak melulu karena sakit bisa juga akibat efek samping beberapa obat termasuk gangguan makan karena ingin menaikkan atau menurunkan berat badan.
Padahal nafsu makan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi kondisi tertentu kadang membuat orang kehilangan nafsu makannya.
Nafsu makan merupakan sistem regulasi yang kompleks, yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi tubuh. Banyak faktor yang terlibat dalam menciptakan dan mempertahankan nafsu makan untuk berat badan ideal.
Masalah nafsu makan dapat berupa kelebihan nafsu makan (hyperphagia) dan kekurangan nafsu makan (anoreksia) yang menyebabkan kenaikan dan penurunan berat badan yang cepat.

Hilang nafsu makan alias anoreksia kadang sering digunakan untuk menunjukkan istilah gangguan makan.Anoreksia adalah menurunnya keinginan, sensasi atau rangsangan untuk makan.
Hal ini bisa disebabkan oleh gejala penyakit, gangguan atau kondisi yang mungkin memerlukan perhatian medis yang mencegah sistempembuangan dari tubuh.
Yang tak bisa dipisahkan dari masalah hilangnya nafsu makan adalah sistem percernaan. Seperti dilansir dari Health blurbs, Senin (10/5/2010), beberapa masalah pencernaan yang menyebabkan hilangnya nafsu makan yaitu:

1.Maag
2.Radang perut
3.Divertikulitis (radang atau infeksi satu atau lebih divertikula dalam saluran pencernaan)
4.Penyakit Crohn
5.Sindrom iritasi usus
6.Kolitis ulseratif (luka atau peradangan pada usus besar)
Infeksi juga dapat menyebabkan orang tidak lapar dan kehilangan nafsu makan. infeksi yang menyebabkan hilangnya nafus makan bisamerupakan penyakit akut atau penyakit kronis yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit atau jamur, antara lain:
1.Influenza
2.Penyakit gondok
3.Sipilis
4.Pneumonia
5.Cacar air
6.Radang tenggorokan
7.Demam kuning
8.HIV/AIDS
9.Demam tipus
10.Cacingan (akibat cacing tambang)
11.Keracunan makanan (E. coli enteritis)
12.Penyakit coxsackie
Atau bahkan disebabkan oleh penyakit-penyakit yang cukup parah seperti:
1.Sirosis
2.Hepatitis
3.Limfoma
4.Kelumpuhan jantung
5.Penyakit hati
6.Radang usus buntu
7.Gagal ginjal
8.Panyakit Addison
9.Rheumatoid arthritis
10.Gagal ginjal kronis
11.Kanker (paru-paru, hati, ginjal, ovarium, serviks, lambung, dan pankreas)
Hilang nafsu makan juga disebabkan oleh efek samping beberapa obat seperti kokain, morfin, antibiotik, amfetamin, methamphetamine, obat kemoterapi, obat batuk dan hidung tersumbat (dekongestan).
Beberapa kondisi psikologis, diet dan gaya hidup juga merupakan faktor terkait yang menyebabkan hilangnya nafsu makan, yaitu:
1.Stres
2.Depresi
3.Anemia
4.Alkohol
5.Migrain (sakit kepala sebelah)
6.Kekurangan vitamn B12
7.Kehamilan (trimester pertama)
Jika Anda mengalami hilang nafsu makan dalam jangka waktu panjang atau beberapa hari, pertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin, untuk memastikan tubuh tetap sehat.

sumber:detik.com

Like the Post? Do share with your Friends.

21 komentar:

  1. Makasih infonya, post sakit biasanya nafsu makannya lgs pulih, tp kl penyebabnya stress krn kebanyakan yg difikir sembuhnya sulit, smg kt baik n sht-2 aja, cm makan krupukpun enak aja..

    BalasHapus
  2. ternyata banyak sekali pengaruhnya.
    makasih infonya ya.

    BalasHapus
  3. harus jaga kesehatan nih, udah masuk daftar di atas. hiks....

    BalasHapus
  4. dhe sakit ama ga sakit sama aja. tetap aja nafsu makannya besar. kwekekekek.. malah mau ilangin ato nurunin nafsu makan, susah banget. xixixi

    BalasHapus
  5. kalau napsu makan pakde ilang obat yang paling mujarab adalah nasi putih dengan kecap, langsung deh timbul napsu makan pakde

    BalasHapus
  6. @pakde sulaswah, hebat ya! Saya mau coba jurus pakde., sapatau brhasl jg!

    BalasHapus
  7. aku salah satu orang
    yang suka hilang nafsu makan sob
    makasih yaw artikelnya
    :D

    BalasHapus
  8. sebelum kena maag
    jangan lupa maem
    hehehe
    makasih sob artikelnya

    BalasHapus
  9. syukurnya nafsu makanku gag kurang,hehe

    BalasHapus
  10. OH, CARA MENGATASINYA GMN SOB,SELAIN KONSUMSI MULTIVITAMIN???

    BalasHapus
  11. terimakasih atas informasinya sobat

    BalasHapus
  12. penyebab nafsu makan gw ilang yaitu apa bila mbuk ngambek gak masak...

    BalasHapus
  13. Waduh banyak amat ya penyebabnya haha.....klo aku sendiri sih emank dari kecil ga terlalu nafsu klo makan jadi ga ngaruh biarpun makan cuma sekali sehari hhe......makasih nie info'y.....

    BalasHapus
  14. Ternyata penyebab seseorang kehilangan nafsu makan banyak juga ya..?

    BalasHapus
  15. ane kalo nafsu makan hilang makan pare langsung sembuh......hehehehe

    mampir n komen balik donk!

    BalasHapus
  16. hehehe dulu kalau gak salah
    kata ibu kalau gak nafsu maem,,,,
    di suruh minum jamu lempuyang sob :)
    gimana tukeran linknya? :P

    BalasHapus
  17. hmmm...
    gue kalo lagi sibuk udah ga nafsu makan..
    lupaaaa....tapi tau2 puyeng. hehe

    jangan lupa mampir balik yoo!

    BalasHapus
  18. Betul. Makanya kalau makan, sebaiknya tidak membicarakan persoalan rumit atau bikin stress. Karena perut akan berhenti mencerna makanan, dan nafsu makan hilang seketika.

    BalasHapus
  19. As a child who sought to cheap links of london necklaces be more attractive, it is a little peculiar that I didn’t like such as ornaments, discount links of london necklace earrings and rings in the opening. To tell the candor, I didn’t think charms is unusual and I thought that the designs links of london necklaces sale were too related. For example, many charms were just minimal chains and they links of london necklaces uk couldn’t magnetize my interest at all.

    BalasHapus
  20. saya mau nyobain dulu pake vit b12 moga bisa normal kmbli napsu mkn-ya..tank,s

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest