Sabtu, Mei 29, 2010

5 Fenomena Tubuh yang Sulit Dijelaskan Ilmu Medis



Ada banyak kejadian dalam tubuh manusia yang sulit dijelaskan dengan akalsehat. Meski ilmu pengetahuan medis sudah berkembang begitu pesat, tapi fenomena-fenomena seperti ini sangat abstrak dan sulit diteliti.
Orang-orang yang sangat percaya kepada kemampuan ilmu pengetahuan akan sulit mempercayainya.

Tapi seperti dilansir LiveScience, Selasa (11/5/2010) ada 5 fenomena yang dialami tubuh manusia yang sukar dijelaskan secara logika dan ilmu medis:
1. Intuisi
Intuisi sering disebut bisikan hati atau kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa dipikirkan dulu. Kita semua memiliki intuisi yang ketajamannya tiap orang berbeda-beda.
Bisakah intuisi disebut indra keenam? Para ahli psikologi menyebutnya tidak bisa, karena intuisi juga sering salah menebak sesuatu seperti ketika pesawat yang Anda tumpangi mengalami turbulensi, Anda mengira pesawat akan jatuh tapi kenyataannya selamat.
Psikolog mencatat intuisi sering muncul ketika seseorang ingin mengambil keputusan atau menuntun ke sesuatu tempat yang tanpa Anda ketahui bagaimana lokasinya. Namun intuisi ini sulit untuk dibuktikan atau dipelajari baik dalam ilmu psikologi atau medis.
2. Deja vu
Lintasan memori yang misterius itulah yang dinamakandeja vu. Berasal dari bahasa Prancisdeja vecuyang artinya pernah mengalami. Deja vu didefinisikan sebagai perasaan yang muncul karena merasa pernah mengalami, melihat, mendengar tapi sebenarnya belum pernah terjadi.
Deja vu identik dengan perasaan beda, bingung dan misterius. Ketika masuk ke sebuah ruangan yang belum pernah Anda kunjungi, tiba-tiba Anda merasakan seperti pernah berada di ruangan ini dengan arsitektur dan orang-orang yang ditemui sama seperti yang sedang Anda hadapi.
Psikologi mungkin bisa menjelaskan secara natural penyebab deja vu seperti sedang berhalusinasi atau pengaruh obat-obatan. Namunpada akhirnya penyebab dan sifat fenomena itu sendiri masih merupakan misteri.
3. Pengalaman Mati Suri
Pengalaman mati suri(Near Death Experience) seringkali terjadi pada beberapa orang yang sedang sekarat. Ketika seseorang mendekati kematian, maka jiwanya meninggalkan tubuh dan mulai merasakan hal-hal yang biasanya tidak bisa dirasakan. Jiwanya berjalan melalui perbatasan antara hidup di dunia danhidup di akhirat, biasanya berupa terowongan dengan cahaya di ujung.
Secara ilmiah proses mati suri sangat kompleks, subjektif dan emosional. Mekanisme di balik beberapa pengalaman ini adalah cara otak memproses informasi sensorik.
Orang-orang yang tidak percaya menganggap mati suri sebagai halusinasi atau trauma otak. Tapi hingga kini ilmuwan gagal menemukan apa yang terjadi saat orang mati suri dan kenapa bisa kembali hidup lagi.
4. Kekuatan Psikis (Kekuatan Batin) dan ESP
Kekuatan psikis atau kekuatan batin danExtra-Sensory Perception(ESP) termasuk fenomena yang tidak dapat dijelaskan karena seseorang yang mempunyai kekuatan psikis mampu menjangkau rahasia kehidupan dan masa depan.
Banyak orang percaya bahwa intuisi adalah suatu bentuk kekuasaan psikis. Peneliti telah menguji orang-orang yang mengklaim memilikikekuatan batinyang hasilnya sulit dijelaskan secara ilmiah.
Beberapa berpendapat kekuatan batin tidak bisa diuji. Hingga kini ilmuwan belum bisa membuktikan fenomena atau keberadaan ilmu batin ini.
5. Kekuatan Tubuh dan Pikiran (The Body Mind Connection)
Ilmu kedokteran hanyalah permulaan untuk mengerti bagaimana cara pikiran mempengaruhi tubuh. Efek placebo (obat semu tanpa bahankimia) misalnya, menjelaskan bahwa orang bisa merasa lega karena obat yang efektif adalah percaya pada kemampuan obat tersebut meski obat yang diberikan tak ada bahan kimia. Inilah yang dinamakan kemampuan sugesti.
Yang lebih mengherankan kalangan medis adalah kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri tanpa melalui pengobatan moderen.

Sumber: detik.com

Like the Post? Do share with your Friends.

27 komentar:

  1. nice info sob, dapet pertamax

    BalasHapus
  2. De Javu ...
    Mantep sekali fenomena ini .. ^^

    BalasHapus
  3. itu semua menunjukkan kebesaran ALLAH ya... ^^

    BalasHapus
  4. salam sobat
    fenomena alami ya,,
    kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri tanpa melalui pengobatan moderen.

    BalasHapus
  5. kalo kesurupan sih masuk yang mana???

    hehehe, itu beneran ada g sih??

    BalasHapus
  6. kok aku belum pernah mengalami satupun ya dek

    BalasHapus
  7. @munir ardi Low bisikan hati.? Pasti pernahkn.! Atau efek plasebo.! Hampir setiap manusia pernh mengalaminya., cuma tdk dsadari kak!

    BalasHapus
  8. @NailaLow kesurupan ada sich, tp menurt buku n artikel yg sy baca, kadang penybabnya adlh pikirn2 negatif dr diri, dn merupkn sbuah pnykt.. Tp ada jg krn pngaruh mists.
    Itulh khidpn, pnh dgn misteri! Thanks ya, kunjungannya! Lain kali, sy posting tntang ksrupan! O.K

    BalasHapus
  9. aku baru tau lo dejavu thu apa, secara detailnya hihih, ayuk dah wank malam mingguan *nantangin haha

    BalasHapus
  10. wah mantab nih sob artikelnya, oy nanggapi pertanyaan kamu WK tu apa sih sob ? kalau bisa akan aq bantu

    BalasHapus
  11. intuisi kadang sesekali mampir di kehidupanku...kadang membingungkan sob...

    thx infonya

    BalasHapus
  12. @Rizky2009
    WK itu cuma inisal nama sy kak!

    BalasHapus
  13. ya,memeng masih banyak yang manusia tidak tahu, ini untuk mengingatkan kita agar tidak sombong berjalan dimuka bumi ini..

    BalasHapus
  14. o itu arti de javu, akhirnya tau jg saya, makasih sob...hehe...

    BalasHapus
  15. kalo fenomena deja vu saya pernah ngalamin beberapa kali

    oh ya baru inget neh kalo merasakan keadaan aru tapi kaya pernah kita rasakan namanya deja vu

    mantep neh tulisannya

    BalasHapus
  16. @TFD Betul., sebab kesombongan adlh awal dr kehancuran!

    BalasHapus
  17. menurutQ yang paling sering kita gunakan adalah Intuisi akan sesuatu yang akan kita lakukan atau apa yang kita pilih.....

    Mampir n komen balik ya mas

    BalasHapus
  18. luarbiasa, intuisi, deja vu, matisuri, ESP, kekuatan fikiran.. semoga bisa diungkap..

    BalasHapus
  19. saya belum pernah merasakan yang aneh2 kaya gitu :)

    BalasHapus
  20. percaya sama itu semua dan sering sekali mengalaminya! :)

    BalasHapus
  21. Yup, sebenarnya memang bisa menyembuhkan diri sendiri tapi agak lama sob......

    BalasHapus
  22. Fenomena....... sepertinya semua sudah pernah saya saya rasa, apalagi deja vu. sering banget.

    BalasHapus
  23. ow....ow....ow.......Dejavu! hhmmm.....pernah buat catatanya
    Kunjungi ya
    http://duniaira.blogspot.com/2009/09/catatan-tentang-dejavu.html
    Salam kenal.......!

    BalasHapus
  24. benar benar menarik
    mantab
    salam dalam persahabatan

    BalasHapus
  25. As a child who sought to cheap links of london necklaces be more attractive, it is a little peculiar that I didn’t like such as ornaments, discount links of london necklace earrings and rings in the opening. To tell the candor, I didn’t think charms is unusual and I thought that the designs links of london necklaces sale were too related. For example, many charms were just minimal chains and they links of london necklaces uk couldn’t magnetize my interest at all.

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest