Selasa, Februari 23, 2010

Menghindari Ketularan Sakit Mata





Jakarta,Bila mata Anda terlihat menjadi merah muda, terasa perih dan mengeluarkan air, Anda mungkin menderita sakit mata konjungtivitis,infeksi mata yang paling menular. Jika tidak diobati secara khusus penyakit ini akan menularkan ke orang lain.


Sakit mata mudah sekali menularnya. Satu orang saja yang di ruangan ada yang terkena sakit mata, risiko tertularnya sangat tinggi. Jika Anda atau ada orang yang menderita sakit mata seharusnya berada di rumah dan tidak melakukan aktivitas di luar agar tidak menulari orang lain.
Penyakit mata biasanya diakibatkan oleh infeksi dari bakteri, jamur atau virus. Infeksi ini dapat terjadi di berbagai bagian mata dan bisa mempengaruhi keduanya atau hanya salah satu mata saja.
Gejala dari infeksi mata ini mencakup kemerahan, gatal, bengkak, banyaknya kotoran mata yang keluar (belekan), nyeri dan sakit serta bermasalah dengan penglihatan.
Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab infeksinya, perawatan yang diberikan biasanya meliputi kompres, obat tetes mata, salep atau antibiotik. Hal yang membuat sakit mata lama untuk sembuh karena adanya infeksi kedua yang biasanya disebabkan oleh kuman atau bakteri.

Penyakit mata yang paling mudah menular adalah penyakit konjungtivitis, yaitu iritasi akibat adanya infeksi pada bagian selaput yang melapisi mata. Hal ini disebabkan virusnya ada dimana-mana dan bisa berterbangan di udara.
Penyakit mata sangat mudah menular, semua peralatan yang digunakan dan disentuh oleh penderita bisa menjadi sumber penularan sakit mata. Karena virus ini sangat mudah menyebar di udara, sebaiknya penderita sakit mata tidak melakukan aktivitas di luar rumah.
Seperti dikutip dari eHow, Selasa (23/2/2010), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari sakit mata, yaitu:
1. Menghindari menyentuh mata setelah bepergian atau menyentuh barang-barang orang yang sakit mata. Biasakan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan cairan pembersih tangan sebelum menyentuh mata.
2. Menghindari berbagi barang pribadi seperti handuk, kacamata, sapu tangan, perias mata atau lensa kontak dengan orang lain.
3. Sebaiknya tidak mengucek-ucek mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu untuk mencegah goresan mata dan infeksi dari kuman yang mungkin menempel di tangan, karena tangan tidak selalu berada dalam kondisi steril.
4. Menggunakan pelindung mata seperti kacamata jika berada di tempat-tempat yang berisiko tertular sakit mata atau jika sedang mengendarai sepeda motor agar tidak terkena debu atau angin yang dapat menyebabkan iritasi.
5. Memperhatikan kebersihan dari kacamata atau lensa kontak yang digunakan.

Sumber: detik.com

Like the Post? Do share with your Friends.

16 komentar:

  1. Tips penting bro.Iya,kalau satu rumah ada yang sakit mata,pasti nular ke semuanya...

    BalasHapus
  2. ya,,aku juga pernah begitu,ketularan mantap artikelnya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  3. sakit mata emang susah.. pernah sakit sekali ya ampun... repot. kunjungan balik sekalian follow nih dek :)

    BalasHapus
  4. resepnya bermanfaat sobat...ma kasih yach

    BalasHapus
  5. Sakit mata emng menyiksa banget...
    Nice infoo... =)
    aku follow balik yaa

    BalasHapus
  6. Itu namanya "beleken" ya, lbh-2 ada anak kecil dlm 1 rmh, kasihan bgt..

    BalasHapus
  7. hehehe kalo belekan kata ortu jaman bahela disuruh dikencingin haduh..

    ga ikutan dah kalo gitu

    BalasHapus
  8. wah kalo sakit mata mah emang gak enak banget tuh. terima kasih sudah dikasi tips nya biar gak mudah tertular

    BalasHapus
  9. pelindung yg saya butuhkan saya saat ini sepertinya kacamata..
    Karena tiap hari bekerja didepan layar..
    suka terganggu dgn sinarnya..

    BalasHapus
  10. iya nih, repot kalo ketemu yg sakit mata...harus banyak menghindar kalo ga mau tertular XD

    BalasHapus
  11. saya bukan tipe orang yang berkaca mata, hehehe

    saki mata ya pake betadin ato baygon

    BalasHapus
  12. memang benar sakit mata itu mudah menular, jaman kecil pakde dulu ada masa yanga dinamakan sakit beleken,dmana hampir satu desa terkena sakit mata baik orang tua, mudan anak aanak semua pada beleken
    kalau sekarang hampir tidak pernah ada , kalau ada orang sakit paling cua satu aatau dua orang saja.


    oh ya pakde sudah follow sesuai dengan permintaan wawank, terimakasih telah follow pakde dan maaf baru pakde balas sekarang

    BalasHapus
  13. Klo yang sakit mata pacar kita gimana dunk...gak tahan lama klo gak ke temu

    BalasHapus
  14. kalo ditempat gw namanya mbelek'an sam...

    BalasHapus
  15. As a child who sought to cheap links of london necklaces be more attractive, it is a little peculiar that I didn’t like such as ornaments, discount links of london necklace earrings and rings in the opening. To tell the candor, I didn’t think charms is unusual and I thought that the designs links of london necklaces sale were too related. For example, many charms were just minimal chains and they links of london necklaces uk couldn’t magnetize my interest at all.

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest