Sabtu, Februari 27, 2010

Isyarat Air Mata



Bagi banyak orang air mata adalah pertanda emosi yang kuat tapi bisa juga sebagai pelumas agar mata tak kering. Air mata memberikan isyarat apakah kondisinya baik atau pertanda suatu penyakit.
Air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi untuk membersikan mata.


Air mata mengandung Lyzosime yang dapat membunuh berbagai macam mikroba.
Cairan lyzosime ini dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.
Seperti dilansir dari body sign, Sabtu (27/2/2010), para ilmuwan baru-baru ini menemukan air mata emosional sebenarnya mengandung lebih banyak protein dan hormon-hormon tertentu yang berkaitan dengan emosi dari pada air mata yang umumnya membasahi mata.
Air mata terbuat dari tiga lapisan yakni, lapisan lendir yang lengket dan membantu melindungi kornea. Lapisan berair yang melembabkan dan memelihara mata. Lapisan berminyak yang membantu memperlambat epavorasinya.
Pada sebagian orang, air mata tidak tersedia dalam jumlah yang cukup untuk menjaga agar mata tetap lembab dan nyaman.
Jika air mata tidak cukup, akan memberikan isyarat seperti mata panas, nyeri, berlendir, dan mudah teriritasi. Mata yang berair terus menandakan defisiensi vitamin B2 (riboflavin). Vitamin B2 penting bagi kesehatan mata dan kulit.
Mata berair juga bisa menjadi tanda adanya rosacea kondisi yang menyebabkan mata dan kulit berubah merah. Mata berair juga menandakan kondisi-kondisi yang lebih serius semacam pembuluh air mata yang terhalang, polip hidung atau penyakit graves(mata menonjol).
Pada beberapa kasus ekstrim, bahkan seseorang sama sekali tidak mengeluarkan air mata karena tidak boleh menangis yang disebut Reflex Anoxic Seizure.
Reflex Anoxic Seizure biasanya terjadi karena terhambatnya pasokan darah ke otak. Jika si penderita sampai menangis bisa menyebabkan jantung berhenti berdetak atau secara dramatis melambat.   
Seperti dikutip Beliefnet, air mata ternyata bisa jadi obat ajaib yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Air mata membantu penglihatan, membunuh bakteri, meningkatkan mood, mengeluarkan racun, mengurangi stres, melegakan perasaan.
Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.

sumber: detik.com

Like the Post? Do share with your Friends.

23 komentar:

  1. wuih ternyata air mata juga banyak gunanya yah..,

    tapi masa harus sering-sering nangis sih.., kalau nangis bahagia sih biarlah.., tapi kalau nangis karena sedih.., janganlah..,

    BalasHapus
  2. eSSip neh airmatanya...
    jadi sedih lagi jarang nangis saya, nangis bahagia ataupun nangis emang seih... :-(

    BalasHapus
  3. wow..segala sesuatu yang di ciptakan pasti da maksud dan tujuannya y..tak terkecuali air mata..
    walau nangis bahagia atau sedih,,sama2 melegakan perasaan..

    bang..ak uda follow..

    BalasHapus
  4. Bru mæn ke blog nie, dah dpet ilmu.. Lam knal sob

    BalasHapus
  5. hmmm... keren juga air mata.. hehe.. ane sadar manfaatnya sob.. bener banget nih... apalagi untuk ngestabilin emosi, bagi ane penting tuh... ^^
    eh yg ini ane follow ya blognya... keren sih.. =)

    BalasHapus
  6. sepertinya banyak gunanya ya sob makasih udah berbagi, eh iya blogger bertuah sepertinya hanya untuk blogger asal riau

    BalasHapus
  7. subhanallah, banyak sekali manfaat air mata bagi kita.

    BalasHapus
  8. yang sakit Reflex Anoxic Seizure, kalau mengekspresikan kesedihan lewat apa? nulis diary? kasihan sekali orang yg gak boleh menangis...

    BalasHapus
  9. Subhanallah.... Maha Besar Allah dengan segala Ciptaan-Nya

    BalasHapus
  10. ternyata air mata itu bermanfaat sekali ya

    jadi ingat sama TUhan nih yang udah menganugerahiku air mata

    semoga airmata ini bermanfaat n being a happy tears here after

    BalasHapus
  11. ada award buat wawank,,boleh di ambil pabila berkenan

    BalasHapus
  12. Air mata memang melegakan. Obat yang paling manjur untuk hati yang dilanda sedih..
    Salam hangat :)

    BalasHapus
  13. wah harus sering2 menangis brarti...... tapi di kira co apakah tar kebanyakan nangis hehhehe

    BalasHapus
  14. ternyata air mata itu ada kandungannya juga ya?
    saya pikir cuma air doang. waktu kecil emang saya sempat heran kenapa dari mata bisa keluar air? keluarnya dari mana? akhirnya terjawab sudah. thanks infonya :)

    BalasHapus
  15. thx for share information friend


    nice post

    BalasHapus
  16. maaf...kami sedang berduka

    BalasHapus
  17. Berapa kali seminggu nih ....saya mesti nangis....hehehehehe

    Terima kasih infonya

    BalasHapus
  18. As a child who sought to cheap links of london necklaces be more attractive, it is a little peculiar that I didn’t like such as ornaments, discount links of london necklace earrings and rings in the opening. To tell the candor, I didn’t think charms is unusual and I thought that the designs links of london necklaces sale were too related. For example, many charms were just minimal chains and they links of london necklaces uk couldn’t magnetize my interest at all.

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest