Kamis, Februari 04, 2010

Fakta-fakta tentang Bersin



Bersin bisa muncul setiap saat seperti ketika sedang membersihkan rumah, flu atau terkena udara dingin. Tapi ada fakta lain yang belum banyak diketahui orang mengenai bersin.
Beberapa orang bisa saja bersin setiap hari sementara orang lain hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Bersin adalah salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan benda-benda asing dari hidung yang dapat menyebabkan iritasi seperti debu, tepung, bakteri atau virus.
Tapi proses bersin ini tidak semudah yang dipikirkan orang, karena tetap saja melibatkan banyak organ dan fungsi dari dalam tubuh.
Seperti dikutip dari Fitsugar, Kamis (4/2/2010) ada 5 fakta yang berhubungan dengan fenomena bersin ini yaitu:
1. Olahraga bisa membuat orang bersin.
Ketika orang berlatih terlalu keras dan napas menjadi berat, maka secara otomatis bagian mulut dan hidung menjadi kering. Akibatnya bagian dalam tubuh akan bereaksi dengan meneteskan air sehingga memicu orang untuk bersin.


2. Kecepatan bersin sangat tinggi.
Saat seseorang bersin, maka lendir atau benda-benda asing yang ada di mulut dan hidung akan keluar dengan kecepatan 100 mil per jam. Saat bersin biasanya mengeluarkan 100.000 kuman ke udara, karena itu sebaiknya menutup hidung dan mulut dengan tangan atau liputan siku ketika bersin agar tidak membahayakan orang disekitar.
3. Orang tidak akan bersin saat sedang tidur.
Seseorang tak perlu khawatir akan terbangun saat tidur akibat bersin. Ini dikarenakan saat sedang tidur, saraf bersin juga akan beristirahat.
4. Terkena matahari bisa menyebabkan bersin.
Sekitar 1 dari 3 orang akan bersin saat terkena sinar matahari cerah. Sensitifitas terhadap cahaya matahari dipengaruhi oleh faktor genetik.
5. Seks bisa memicu bersin.
Rangsangan yang terjadi pada sistem saraf parasimpatik ternyata tidak hanya memberikan sinyal pada seseorang untuk menikmati seks, karena pada beberapa orang hal ini juga bisa memicu bersin setelah hubungan seks selesai.

Sumber: detik.com

Like the Post? Do share with your Friends.

18 komentar:

  1. weeh.... sangat bermanfaat Masw postingannya, makasih....

    BalasHapus
  2. aq juga lagi bersin2 nih.....biasanya ga gampang terserang flu....untung aq ga punya alergi seperti no 4 dan 5 hehe....bang klo boleh kasih saran...pop up nya kebanyakan bang....

    BalasHapus
  3. nice posting...

    makasih ya uda mampir ke blog ku...

    BalasHapus
  4. yang ke 5 menarik tuh, saya baru tahu,terima kasih infonya sob,,

    BalasHapus
  5. cek di sini kalo mo kirim cerpen ke majalah. http://tips-write-shortstory.blogspot.com/2009/07/anak-anak-kalau-kalian-mau-kirim-cerpen.html

    BalasHapus
  6. aku bersin karena alergi bro, biasanya kalau pagi udara dingin pasti bersin...tapi kalau seks wauuu gak tau tuh hahahahaha

    BalasHapus
  7. wah kalo aku neh, kalo makan udah kenyang pasti bersin2 terus..... sinyal kalo perut dah nyerah heheh.... bawaan bayi ga bisa ilang

    BalasHapus
  8. Hmmm.....kunjungan baruku...

    BalasHapus
  9. wao indah kombinasi warna blognya, trims telah berbagi artikel yang bermanfaat!

    BalasHapus
  10. nice info sob..

    http://mangkasarakku.blogspot.com/

    BalasHapus
  11. mantap..

    http://mangkasarakku.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. info baru nie, jadi tau penyebab bersin..

    BalasHapus
  13. As a child who sought to cheap links of london necklaces be more attractive, it is a little peculiar that I didn’t like such as ornaments, discount links of london necklace earrings and rings in the opening. To tell the candor, I didn’t think charms is unusual and I thought that the designs links of london necklaces sale were too related. For example, many charms were just minimal chains and they links of london necklaces uk couldn’t magnetize my interest at all.

    BalasHapus
  14. During the World War II, Art Deco jewellery was ugg sale a very popular style among women. The females started ugg boots wearing short dresses and cut their hair short. And uggs such boyish style was accessorized with Art Deco jewellery. They used cheap ugg boots long dangling earrings and necklaces, multiple bracelets and bold ugg boots uk rings.Art Deco jewellery has harshly geometric and symmetrical theme instead disocunt ugg boots of free flowing curves and naturalistic motifs. Art Deco Jewelry buy ugg boots today displays designs that consist of arcs, circles, rectangles, squares, and ugg outlet triangles. Bracelets, earrings, necklaces and rings are added with long ugg boots outlet lines and curves.One example of Art Deco jewelry is the Art Deco ring. Art Deco rings have ugg mall sophisticated sparkle and bold styles. These rings are not intended for a subtle look, they are meant to be noticed. Hence, these are perfect for people with bold styles.

    BalasHapus
  15. baru tau nih info tentang bersin...

    mksih ya

    salam kenal..

    kalau butuh obat bisa lihat di blog saya,,,,

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest