Jumat, Februari 26, 2010

Benarkah Jenius dan Gila Beda Tipis?

Jenius beda tipis dgn gila! Menurt tman2 gmana?
Isaac Newton (fisikawan), Ludwig van Beethoven (komposer), Edgar Allan Poe (penulis), Vincent van Gogh (pelukis) dan John Nash (matematikawan) adalah contoh orang2 jenius yg mengalami gangguan kejiwaan hingga schizofrenia.
Tp para ahli masih mendebatkan masalah itu. Penelitian terus dilakukan untuk membuat definisi yang jelas antara jenius dan kegilaan.



"Batas2 antara normal, tidak normal, dan supernormal masih belum banyak yg memuaskan. Apa mungkin perilaku eksentrik seseorang dapat dianggap kegilaan bagi orang lain. Apakah seseorang yang yang gila mungkin dianggap jenius oleh orang lain. Dan jika orang jenius terlalu jauh pemikirannya di depan waktunya, ide-ide cemerlang itu mungkin tidak akan dihargai kecuali ia telah meninggal," kata Dr Kenneth Lyen, pediatrik dan penulis tentang kreativitas otak yang juga dokter di Mount Elizabeth Hospital Singapura dalam jurnalnya yang dimuat disma.org, Kamis (25/2/2010).
Seorang jenius secara samar didefinisikan sebagai orang yang sangat kreatif dan mampu membuat kontribusi yang signifikan bagi kemanusiaan, sering menentang pakem-pakem dan membangun paradigma baru.
Sedangkan gangguan mental atau kegilaan merupakan suatu pola psikologis atau gangguan perilaku yang terjadi pada seseorang yang diakibatkan karena tekanan mental atau gangguan di saraf, tapi untuk beberapa jenis kegilaan seperti schizofrenia bahkan belum ditemukan penyebabnya.
Tapi di tahun 2007 seperti dilansirdailymail, ilmuwan telah menemukan sebuah gen yang mnghubungkan kcerdasan dgn salah satu bentuk kegilaan, yaitu schizofrenia. Hasil penelitian diketahui bahwa hal yang terjadi pada tokoh-tokoh dunia tersebut disebabkan adanya gen tertentu, yang dikenal sebagai DARPP-32.
Ilmuwan Amerika menemukan bahwa gen yang sama juga dibentuk dan dikendalikan oleh rangkaian saraf yang terlibat erat dengan schizofrenia. Rangkaian ini menghubungkan korteks prefrontal dengan bagian otak yang lain, stiatum. Ini mempengaruhi fungsi otak dalam penderita schizofrenia seperti motivasi, memori kerja dan jenis-jenis pembelajaran tertentu.
Para peneliti, yang melaporkan temuannya dalamJournal of Clinical Investigation, mempelajari lebih dari 1.000 sampel DNA dari individu yang sehat dan pasien dengan schizofrenia.
Teori lain yang juga menarik untuk melihat penelitian jenius dan gila ini adalah "teori biososial kreativitas". Pada intinya, teori ini menyatakan bahwa kreativitas adalah genetik dan dengan demikian jenius adalah dilahirkan bukan dibuat.
Hal ini mungkin dapat menjelaskan mengapa tokoh-tokoh kreatif dunia seperti pelukis Van Gogh dan penulis Jack Kerouac yg jenius ternyata juga menderita gangguan psikotik. Mereka berdua dipuji sebagai orang yang jenius tetapi justru menunjukkan perilaku merusak diri sendiri.
Tapi banyak juga yang tidak setuju kalau jenius dibilang mirip dengan gila. Orang jenius mengolah pikiran-pikiran gilanya menjadi konstruktif (bangunan). Sedangkan orang gila justru membuat pikiran-pikiran konstruktifnya menjadi destruktif (hancur).
"Orang jenius bisa jadi gila tapi orang gila tidak bisa jadi jenius," kata barisan orang yang tidak mau gila disamakan dengan jenius.
Sementara menurut Dr Kenneth Lyen setidaknya ada 7 penyakit yang mengaitkan antara kelainan jiwa dan jenius, meskipun itu kondisi yang masih sulit didiagnosa.
1. Disleksia
Disleksia adalah gangguan belajar yang ditandai dengan kesulitan mengenali dan memahami bahasa tertulis ketika membaca, menulis,dan mengeja. Orang-orang terkemuka yang diduga menderita disleksia adalah Albert Einstein, Thomas Alva Edison, Walt Disney, Pablo Picasso dan Lee Kuan Yew.
2. Bipolar
Gangguan bipolar dicirikan oleh perubahan suasana hati antara euforia dan depresi. Gejala psikotiknya seperti delusi, halusinasi, paranoia atau berperilaku aneh. Orang terkenal yang dianggap memiliki gangguan bipolar adalah Winston Churchill, Edgar Allan Poe, Sylvia Plath, Robert Schumann, Vincent Van Gogh, Tim Burton dan Francis Ford Coppola.
3. Schizofrenia
Adalah gangguan kejiwaan yang parah ditandai dengan halusinasi, delusi, emosi yang tumpul dan penarikan diri yang dalam. Contoh orang jenius yang terpengaruh skizofrenia adalah John Nash.
4. Obsesif-Compulsive Disorder (OCD)
Adalah kondisi kejiwaan yang ditandai dengan tekanan untuk berpikir dan berperilaku terus-menerus. Seperti obesesi untuk terus mencuci tangan, mengecek pintu berulang-ulang karena ada perasaan tidak nyaman. Orang terkenal yang memperlihatkan kecenderungan OCD antara lain Nicola Tesla, Howard Hughes, dan Marc Summers.
5. Autistic Savant
Sekitar 10 % penderita austis memiliki savant syndrome yg menunjukkan bakat-bakat luar biasa seperti menghitung cepat, kemampuan mekanik, seni lukis atau patung, musik. Beberapa profesor di universitas yang cenderung suka menyendiri terdiagnosis memiliki autistic savant.
6. Terminal Illness
Meskipun bukan kondisi kejiwaan, penyakit terminal dapat memicu respons emosional yang luar biasa pada penderitanya. John StuartMills menderita TBC, yang tidak dapat disembuhkan dan menyebabkan kematian perlahan-lahan. Setelah diagnosa, dia mulai menulis karya2 yg akan membuatnya terkenal.
7. Epilepsi
Penyakit ini juga bukn mslh kejiwaan, tetapi banyak orang cerdas memiliki riwayat epilepsi. Karena ini adalah adlh kondisi otak maka ini relevan ketika mendiskusikan fungsi otak yg superior. Orang trkenal yg menderita epilepsi antara lain Julius Caesar, Alexander Agung, Napoleon Bonaparte.

Dari berbagai sumber.

Like the Post? Do share with your Friends.

23 komentar:

  1. wah baru tau kami kalo jenius sama gila beda tipis, pengen sih jadi orang jenius tapi gilanya nggak...he3x, sdh kami follow balik, thanks ya and happy weekend...

    BalasHapus
  2. waduh..jenius ma gila bea tipis yach...
    klo gitu aku cukup jdi rang pintar aja lah.. *lohh*

    heheeee... :P

    happy weekend yachh..

    BalasHapus
  3. Saya ga seberapa ngerti beda tipisnya,mgk yg py basic ilmu psikologi, bs byk menguraikan kali ya.

    BalasHapus
  4. saya bener2 ga setuju kalau jenius di samakan dengan gila tetapi kalau begitu keadaannya semua orang ternmasuk saya enggan meuntut ilmu lagi karena takut di bilang gila yang memberikan teori seperti itulah yang gila!!!!!!

    BalasHapus
  5. salam sejahtera
    makasih ya dah ngasi Info
    kalau orang awam fikir emang ga' jauh beda banget jenius ma gila
    b'coz orang jenius biasanya berprilaku yang aneh

    BalasHapus
  6. wah mungkin gw udah nyebrang ke taraf gila neh...

    BalasHapus
  7. Ulasannya menarik banget :) Jadi kepikiran, ini jenius pa emang gila ya :D

    BalasHapus
  8. aku ingin jadi jenius tapi klu gila gak mauuuu...

    BalasHapus
  9. WIRO SABLENG juga jenius di bidangnya, dan memang SABLENG, hehehe...

    Salam kenal kawan, artikelnya bener2 'jenius'... ;-)

    BalasHapus
  10. Yang jelas orang gila mana bisa berkarya seperti mereka! Kalau gila akan ilmu, ya!

    Beda jauh sob!

    BalasHapus
  11. salam sob, blog nya rame banget... hehehhehhe

    kunjungan pertamaxx.....

    waduw koment apa nieh :d
    so gw ga jenius....
    hahhah

    BalasHapus
  12. hayoooo yang gila jangan ngaku-ngaku jenius.... yang jenius juga jangan pura-pura gila...

    BalasHapus
  13. Wah...infonya sip nih ! eh..ternyata ada untungnya juga saya jadi orang Oon..jadi ngga gila seperti mereka...he...he

    Kunjungan balik...makasih sudah mampir & follow blog saya. Sekalian minta ijin follow balik...

    Salam hangat selalu..n' met wiken..

    BalasHapus
  14. wah orang gila tuh bisa2 jenius juga brarti heheh

    BalasHapus
  15. orang pintar biasa nya selalu mengkritis semua hal dan itu bs membuatnya gila,,,
    hahaha

    jd enkan biasa2 aj ya

    salam kenal :D

    BalasHapus
  16. kalo aku seh berpendapat...beda jauh lah. liat aja orang gila di jalan..taknampak kejeniusannya..hehe. jenius karena sering punya pendapat atau ide diluar akal pikir orang pada umumnya..

    BalasHapus
  17. luarbiasa,,,,,
    postingan yang berguna
    thx infonya sob

    BalasHapus
  18. oea,,,,visitor semakin rame nih,
    apa rahasianya sob ?
    top10 award mu juga dah peringkat 12,peningkatan yang luar biasa....
    dan juga komentator semakin rame aja nih,


    satu kata untuk kamu H.E.B.A.T.

    BalasHapus
  19. Kalo bedanya tipis ya masak iya orang gila bisa bikin pesawat.

    BalasHapus
  20. kebanyakan mikir kali yaa.. eh aku udah follow kok

    BalasHapus
  21. mungkin karena tak banyak orang yang menerima kejeniusan itu, jadinya dianggap gila :)

    makasi dah mampir ke blog aku, sering2 yah :)
    salam kenal :)

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest