Kamis, Januari 28, 2010

10 Masalah Kesehatan yang Paling Memalukan



Jakarta, masalah kesehatan yang dimiliki oleh seseorang ternyata tidak hanya membuat orang merasa tersiksa secara fisik, tapi juga bisa menimbulkan malu yang mempengaruhi psikisnya. Masalah kesehatan apa saja yang bisa bikin malu?
Rasa malu itu timbul karena masalah kesehatan ini sangat terkait dengan kebersihan, etika dan kepantasan penampilan. Seperti dikutip dari Fox News danTimes online, Kamis (28/1/2010) ada 10 masalah kesehatan yang bisa bikin malu si empunya tubuh, yaitu:
1. Bau mulut
Tingkat malunya tinggi, karena bisa berhubungan dengan kepercayaan diri. Penyebabnya bisa karena adanya lubang di gigi, sisa makanan yang tertinggal, karang gigi atau bisa juga karena adanya suatu penyakit di tubuh. Cara mengatasinya bisa dengan gosok gigisecara teratur, menggunakan cairan pembersih mulut atau rajin membersihkan gigi ke ahlinya.




2. Bau kaki
Tingkat malunya tinggi, karena berhubungan dengan kebiasaan pribadi yang jorok. Penyebabnya bisa kombinasi antara kaki berkeringat dengan kurangnya menjaga kebersihan, penggunaan sepatu yang tidak tepat atau adanya infeksi. Cara mengatasinya dengan mengganti kaus kaki setiap harinya, rajin membersihkan kaki serta mencuci sepatu secara teratur.
3. Wasir
Tingkat malunya sedang, karena bisa membuat seseorang tak nyaman untuk beraktivitas. Penyebabnya karena adanya pelebaran pembuluh darah vena di anus atau dubur. Penyakit ini biasanya menimbulkan rasa gatal, nyeri dan tak nyaman ketika sedang duduk. Jika masih awal bisa diatasi dengan beberapa gerakan latihan, olahraga atau banyak makan sayuran, tapi jika sudah parah harus dilakukanoperasi.
4. Anus yang gatal
Tingkat malunya tinggi, karena bisa membuat seseorang menjadi canggung dan menurunkan kepercayan dirinya. Gatal yang awalnya hanya biasa saja, tapi jika tidak ditangani akan semakin memburuk. Terkadang hal ini disebabkan oleh adanya infeksi atau masalah kulit seperti eksim. Cobalah untuk menjalani pola hidup yang bersih.
Jika langkah-langkah kebersihan tidak membantu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apa penyebabnya dan memberikan resep krim yang efektif dan tidak berbahaya.
5. Keringat yang berlebihan
Tingkat malunya termasuk sedang, karena bisa berhubungan dengan bau badan dan enggan untuk mencari bantuan. Penyebabya bisa karena kelenjar keringat yang produksinya berlebih, stres atau tiroid yang terlalu aktif.
Untuk mengatasinya bisa dengan latihan relaksasi untuk mengontrol ketegangan atau menggunakan deodoran dengan antiperspirant yang kuat. Tak ada salahnya untuk menghubungi dokter dan melakukan tes darah untuk mengetahui ada masalah tiroid atau tidak.
6. Rambut berlebih pada perempuan
Tingkat malunya sangat tinggi, karena takut dicap mirip laki-laki. Penyebab tumbuhnya rambut yang tidak diinginkan ini seringkali karena faktor keturunan, penyakit yang ada ditubuhnya atau efek samping dari suatu obat.
Cara mengatasinya bisa dengan melakukanwaxing, mencukur, menggunakan krim perontok rambut, perawatan laser atau elektrolisa. Jika masalah ini disebabkan oleh faktor hormonal, maka tak ada salahnya jika meminta bantuan medis.
7. Payudara pada laki-laki (gynecomastia)
Tingkat malunya tinggi, karena hal ini biasanya terjadi pada kaum perempuan. Penyebab tumbuhnya payudara pada laki-laki adalah karena adanya gangguan pada hormon testosteron dan estrogen. Gangguan ini menyebabkan puting menjadi sakit, payudara membengkak atau keduanya. Pada beberapa kasus bisa hilang dengan sendirinya, tapi ada juga yang menjadi permanen dan memerlukan bantuan medis.
8. Mendengkur
Masalah kesehatan ini memiliki tingkat malu yang tinggi, serta seringkali membuat seseorang menjadi kurang tidur. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti adanya kelainan pada anatomi rahang dan tenggorokan, karena tidur terlentang atau bisa juga akibat adanya polip di hidung.
Masalah ini bisa jadi salah satu gejala awal dari gangguan pernapasan di malam hari. Sebaiknya konsultasikan denga dokter jika hal ini terus berlangsung dan sudah sangat mengganggu waktu tidur.
9. Kebotakan pada laki-laki
Tingkat malunya tinggi, karena bisa menurunkan kepercayaan diri. Penyebabnya kemungkinan karena faktor genetik atau usia yang semakin bertambah.
Cara mengatasinya bisa dengan menggunakan obat penumbuh rambut, tapi cara ini tidak efektif untuk semua orang. Jika kebotakan dialami sat masih muda, sebaiknya meminta bantuan dokter untuk mengatasinya seperti pemberian obat seperti minoxidil.
10. Disfungsi ereksi
Saat ini tingkat malunya sudah lebih rendah dari sebelumnya. Kemungkinan penyebabnya adalah masalah sirkulasi, depresi, diabetes, konsumsi alkohol, efek samping obat atau masalah psikoseksual. Tapi biasanya tidak ditemukan penyebab yang spesifik.
Jika ingin mengatasinya sendiri cobalah untuk mengurangi alkohol, berhenti merokok, olahraga teratur serta menghindari penggunaan viagra yang dijual bebas. Jika tidak ada kemajuan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahlinya agar diketahui penyebabnya.


Like the Post? Do share with your Friends.

14 komentar:

  1. yg ke 10 itu amit-amit dah, saya ndak mau, hehee... ndak mau semua pokoknya, hahaha...

    BalasHapus
  2. kaki gw juga klimis alias gak ada bulunya...tp gw PD aja...malah gak kayak kaki monyet...

    BalasHapus
  3. Pada hakikatnya manusia tidak ada yang sempurna, masing2 memiliki kekurangan dan kelebihan, dengan segala usaha dan ikhtiarlah kita mampu menutupi kekurangan kita, seperti apa yg disebutkan diatas.

    BalasHapus
  4. @ all: Kita semua harus hidup sehat!

    BalasHapus
  5. syukuri apa yang debrikan NYA pada kita bos

    BalasHapus
  6. serasa masuk ke ruang praktek dokter nih baca artikel ini.

    BalasHapus
  7. emmm10 yg tdakingin ku alami tapi klw bau mulut klw age puasa mau gakmau bau tapi balasannya di akherat wangi....
    palagi dirku cewek.. emmm bulu kaki puanjang hehhehe bnyk aku serng liat lHO.... tapi gak masalah yg penting ditutpi..

    bagus postingannya I like iT.

    BalasHapus
  8. jangan sampe deh hihihi,.....

    BalasHapus
  9. jhhahaha
    penyakit'' yg umum di jumpai... dan sangat menggangu

    BalasHapus
  10. hahahaha... kalo itu memang sangat memalukan mas,, hihi

    BalasHapus
  11. semuanya udah tersurat ,jadi tarimalah seadanya

    BalasHapus
  12. ternyata masalah kesehatan yang biasa kit anggap sepele dan tak ada obat yang pasti seperti itu sangat mengurangi rasa kepedean kita

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest