Kamis, Oktober 22, 2009

Waspadai Dampak Cuaca Antariksa Tahun 2011-2012

Semua orang mesti waspada pada 2011-2012. Saat itu diperkirakan dampak cuaca antariksa sedang mencapai puncak. Akibatnya, transmisi listrik akan terganggu, sistem satelit kacau, navigasi tak bisa dipercaya, bahkan bahaya radiasi pun mengancam kesehatan manusia.

Cuaca antariksa adalah perubahan kondisi antariksa yang diakibatkan aktivitas matahari. Seperti layaknya bumi, matahari juga memiliki musim. Pada suatu saat bisa saja tenang, namun pada saat yang lain matahari bisa juga sangat aktif.
Matahari melakukan aktivitasnya dengan melepaskan energinya. Saat itu, pusat tata surya kita ini memancarkan radiasi dan melontarkan partikel-partikel yang berasal dari ledakan flare dan CME (coronal mass ejection).
Kekuatan ledakan besar dari flare (yang menghasilkan radiasi) bisa setara dengan 66 juta kali ledakan bom atom di Hiroshima. Sedangkan ledakan CME (menghasilkan partikel padat) mencapai kecepatan 400 km/detik. Tingkat kecepatan partikel dan energi yang dipancarkan matahari tersebut bervariasi tergantung angin surya (solar wind). Aktivitas-aktivitas itulah yang memengaruhi cuaca antariksa.
Aktivitas tersebut akan semakin sering terjadi saat terjadi badai matahari. Cuaca antariksa saat itu dipastikan sangatlah ekstrem. Hal itu terjadi dalam siklus sebelas tahun. Biasanya keadaan itu ditandai dengan kemunculan sunspot. Sunspot adalah bintik hitam yang muncul di permukaan matahari.
Adanya siklus tersebut membantu informasi mengenai masa aktifnya matahari. Terakhir, aktivitas matahari mencapai puncak pada 2001. Diperkirakan hal ini akan terulang pada 2011 atau 2012.
Peneliti bidang matahari dan antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Kota Bandung Emanuel Sungging Mumpuni,M.Si. menyatakan, keaktifan matahari akan berpengaruh kepada perubahan kemagnetan dan kelistrikan atmosfer.
Misalnya pada lapisan ionosfer, radiasi matahari akan menimbulkan elektron dan ion bebas sehingga terdapat muatan listrik di dalam lapisan ini. Emanuel mengatakan, semakin muatan listriknya besar, hal ini akan mengakibatkan penundaan waktu (delay ionosfer)bagi satelit untuk mengirimkan informasi ke bumi.
"Hal ini tentunya akan berdampak besar pada kehidupan manusia. Apalagi dalam dua dekade terakhir penggunaan satelit bagi manusiasangat intensif. Saat ini satelit sangat diandalkan bagi penggunaan global positioning system (GPS), televisi satelit, dan penggunaan telepon seluler," ujar Emanuel.
Radiasi matahari juga sangat berpengaruh terhadap jumlah kerapatan (densitas) elektron dan ion bebas pada lapisan ini. Hal ini berdampak pada kelancaran komunikasi radio yang mengandalkan pantulan sinyal terhadap ionosfer. "Jika kerapatannya berubah, frekuensinya bisa tidak pas," katanya.
Cuaca antariksa pun akan memengaruhi geomanet, yakni medan magnet bumi yang berada di lapisan magnetosfer. Partikel-partikel yang terlontar dari matahari, kata Emanuel mengandung medan magnet. Jika menumbuk magnetosfer, hal itu akan menimbulkan interplanetary shock (IPS) dan bisa mengakibatkan terjadinya badai geomagnet.
Pertanda alam yang menunjukkan peristiwa itu adalah kemunculan aurora di daerah yang dekat dengan kutub. Apabila hal itu terjadi, lonjakan medan listrik secara tiba-tiba dapat terjadi. Dikatakan Emanuel, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada peralatanteknologi tinggi seperti peralatan satelit, komunikasi, dan sistem jaringan distribusi listrik. Di negara maju yang menggunakankereta listrik, hal ini juga dapat merusak komponen alat transportasi tersebut.
Padamnya listrik secara besar-besaran akibat cuaca antariksa pernah terjadi di Kanada pada tahun 1989. "Saat itu sepertiga daerah Kanada gelap gulita selama sembilan jam," kata Emanuel.
Tidak hanya listrik , Emanuel bahkan menyatakan di Australia dilaporkan badai geomagnetik menimbulkan korosi pada saluran pipa. Ini tentunya berbahaya apabila terjadi kebocoran pada saluran pipa minyak bumi atau gas.
Timbulnya badai geomagnetik juga kadang "menipu" pencatat data variasi medan magnetik. Pada data akan timbul lonjakan medan magnetik seolah-olah akan datang gempa.
"Oleh karena itu, jika menemukan hal itu para peneliti harus membandingkan data tersebut dengan daerah lain yang jauh apakah terjadi hal serupa. Jika daerah lain mencatat hal yang sama, dimungkinkan adalah sedang terjadinya badai geomagnet," kata Emanuel.
Tidak hanya itu, peneliti bidang ionosfer dan telekomunikasi Lapan Kota Bandung, Drs. Effendy, M.Sc., menyatakan tubrukan medan magnet itu juga mengacaukan geomagnet. Maka, tak heran apabila jarum kompas menunjukkan arah yang salah. Bagi para penjelajah hal ini sangat fatal karena bisa mengakibatkan mereka tersesat.
Saat geomagnet terganggu, kata Effendy, binatang yang memiliki magnet halus di otaknya sebagai navigasi pun akan berubah perilakunya. Seperti burung yang sedang bermigrasi, tiba-tiba kehilangan arah, tersesat, kebingungan, bahkan bisa menabrak benda saat terbang.
Selain itu, Effendy juga menyebutkan cuaca antariksa berdampak pula pada kesehatan manusia. Dikatakan dia dari hasil berbagai penelitian dilaporkan aktivitas geomagnet berkolerasi dengan jumlah serangan jantung yg dialami populasi penduduk Moskow. Penelitian lainnya, kata Effendy, menyatakan detak jantung dan tekanan darah bayi baru lahir berkorelasi dengan aktivitas magnet bumi.
Effendy memperkirakan hal ini terkait dengan adanya medan magnet di tubuh manusia. Jika tubuh manusia menerima medan magnet dalam ukuran kecil, hal itu mungkin saja bisa membantu.

Like the Post? Do share with your Friends.

4 komentar:

  1. saya setuju . . .

    BalasHapus
  2. .serem bgd c >.<

    BalasHapus
  3. As a child who sought to cheap links of london necklaces be more attractive, it is a little peculiar that I didn’t like such as ornaments, discount links of london necklace earrings and rings in the opening. To tell the candor, I didn’t think charms is unusual and I thought that the designs links of london necklaces sale were too related. For example, many charms were just minimal chains and they links of london necklaces uk couldn’t magnetize my interest at all.

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest