Selasa, Oktober 27, 2009

Peneliti Temukan Legenda Atlantis


Rahasia kota yang hilang dan mengilhami mitos dunia yang paling abadi, Atlantis kemungkinan telah terpecahkan. Peneliti menemukan kota tenggelam di perairan selatan Yunani.
Eksplorasi yang dilakukan oleh tim arkeolog Anglo-Yunani dan ahli geologi laut yang dikenal sebagai Pavlopetri, menemukan kota yang berasal dari 5.000 tahun yang lalu.
"Saat ini sudah tidak diragukan lagi bahwa ini adalah kota tertua di dunia yang terendam," kata Dr Jon Henderson, professor jawatan arkeologi bawah air di University of Nottingham.
"Ini berasal dari tahun 2800-1200 SM, jauh sebelum kejayaan Yunani klasik. Ada situs terendam lain yang lebih tua di dunia, tetapi tidak dapat dianggap sebagai kota yang seperti ini, itulah alasan mengapa itu unik."
Situs yang berukuran 30.000 meter persegi dan terletak di lantai samudera sebelah selatan Peloponnese, diyakini telah ada sejak sekitar 1000 SM. Meskipun ditemukan oleh ahli kelautan Inggris sekitar 40 tahun yang lalu, baru tahun ini arkeolog kelautan mampu membuat survey yang layak dengan bantuan teknologi digital.
Eksplorasi tersebut mengungkapkan dunia yang penuh dengan bangunan, halaman, jalan-jalan utama, batu makam dan struktur keagamaan. Selain itu, dasar laut itu penuh dengan ribuan pecahan keramik.
"Kami menemukan keramik berasal dari akhir zaman batu, yang menunjukkan bahwa pemukiman ini dihuni sekitar 5.000 tahun yang lalu. Setidaknya 1.200 tahun lebih awal daripada dugaan semula," kata Henderson, yang ikut memimpin survei bawah laut.
"Penyelidikan kami juga mengungkapkan lebih dari 9.000 meter persegi bangunan baru. Tapi apa yang benar-benar mengejutkan kami adalah kemungkinan ditemukannya megaron, sebuah struktur monumental dengan ruang persegi besar, yang juga menunjukkan bahwa kota telah digunakan oleh kalangan elite, dan secara otomatis mengangkat status pemukiman itu."
Lebih dari situs bawah air manapun, penemuan tersebut berpotensi dalam memperlihatkan wawasan dalam kinerja masyarakat Mycenaean.
"Hal ini penting karena sebagai situs yang terendam tempat itu pernah ditempati," kata Elias Spondylis, yang ikut dalam survei sebagai head of Greece's underwater antiquities department. "Sepertinya monumen itu membeku di masa lalu."
Ahli geologi kelautan belum mengetahui mengapa pemukiman itu tenggelam. Teori yang beredar sejauh ini menyatakan akibat perubahan permukaan laut, dan pengendapan tanah yang disebabkan oleh gempa bumi, atau tsunami.
"Ini sangat mungkin terjadi karena kombinasi dari keduanya," kata Dimitris Sakellariou, dari Institute of Oceanography, Yunani. "kota tenggelam tertua di dunia itu benar-benar menakjubkan. Ini tidak hanya menunjukkan bagaimana orang hidup pada saat itu, tetapi sangat menarik bagi para ilmuwan alam karena perairan di sekitarnya sangat dangkal."

Like the Post? Do share with your Friends.

1 komentar:

  1. As a child who sought to cheap links of london necklaces be more attractive, it is a little peculiar that I didn’t like such as ornaments, discount links of london necklace earrings and rings in the opening. To tell the candor, I didn’t think charms is unusual and I thought that the designs links of london necklaces sale were too related. For example, many charms were just minimal chains and they links of london necklaces uk couldn’t magnetize my interest at all.

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest