Rabu, Oktober 28, 2009

Ingin Tahu Wajah Wanita Saat Tua? Lihat Saja Ibunya

detikcom- Seattle,Ada pepatah, 'Jika ingin tahu seperti apa wajah istri ketika tua, lihatlah wajah ibunya'. Pepatah tersebut berhasil dibuktikan para peneliti di AS yang menemukan struktur kerutan muka yang sama antara anak perempuan dan ibunya.Like mother, like daughter.


Para ahli menemukan kerutan dan kulit kendur di wajah ibu dan anak perempuannya sepola ketika anak perempuan memasuki usia dewasa menuju tua.
Peneliti mengamati kulit dan jaringan lunak di wajah ibu dan anak perempuannya terutama di sekitar mata yang menunjukkan pola kerutan yang sama karena kehilangan elastisitas.
Kesamaan tersebut akan semakin jelas terlihat ketika anak perempuan mencapai usia pertengahan 30-an tahun. Penemuan tersebut telah dipresentasikan dalam konferensi American Society of Plastic Surgeons di Seattle, Washington seperti dilansir dariTelegraph, Senin (26/10/2009).
Dr Matius Camp dan koleganya di Loma Linda University Medical Center di California mengatakan studi penelitian ini adalah yang pertama membuktikan secara ilmiah bahwa wajah ibu benar-benar tercermin di wajah anak perempuan. Walaupun penelitian tentang penuaan sendiri sudah banyak tetapi masih sangat subyektif.
Untuk mengukur spektrum penuh penuaan, peneliti melakukan 10 tes pola yang mirip di antara pasangan ibu dan anak perempuan yang berusia 15-90 tahun.
Penelitian tersebut menggunakan mesin pencitraan wajah dan komputer modelling 3D. Hasilnya, peneliti menemukan pola yang konsisten dan volume kerutan di sekitar sudut-sudut mata dan kelopak bawah mata ibu.
Peneliti menemukan pola yang konsisten di sekitar saluran air mata dan kelopak mata bawah. Dari hasil analisa ternyata jaringan lunak sekitar mata yang kehilangan elastisitas sama persis antara ibu dan anak perempuannya.
Penuaan di sekitar mata dan kantung di bawah mata disebabkan oleh kehilangan elastisitas kulit dan otot seiring berkurangnya usia.
Kulit perempuan diyakini memang lebih cepat mengendur ketimbang laki-laki karena wanita lebih rentan terhadap gravitasi dan hilangnya kemampaun otot dan elastisitas.
Itulah sebabnya perempuan lebih banyak yang melakukan facelift ketimbang laki-laki karena facelift dirancang untuk mengimbangi efek dari penuaan dan menghilangkan kerutan.
Wajah perempuan yang berbentuk oval ketika masih muda cenderung menjadi persegi seiring bertambahnya usia. Sedangkan laki-laki memiliki wajah persegi sepanjang hidupnya.

Like the Post? Do share with your Friends.

3 komentar:

  1. waduh, liat calon ibu mertua dulu, liat kerutannya, hehehe

    BalasHapus
  2. hai, tks dah ke blog aku. kalo mau tahu cara kirim cerpen, mampir aja ke http://tips-write-shortstory.blogspot.com. itu blog aku yg lain.

    BalasHapus

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest