Kamis, Oktober 22, 2009

Astronom Eropa Temukan 32 Planet Baru

 
WASHINGTON- Para astronom Eropa mengklaim telah menemukan 32 planet baru di luar sistem tata surya Bumi.
Penemuan ini memberikan tambahan bukti mengenai teori yang menyatakan bahwa alam semesta memiliki banyak tempat dimana kehidupanbisa berkembang.


Saat menggunakan teleskop European Southern Observatory (ESO) para ilmuwan tidak menemukan planet seukuran Bumi atau planet yangnampak bisa ditinggali. Namun mereka menyebutkan jumlah penemuan planet di luar sistem tata surya ini meningkatkan jumlah planet yang ada menjadi lebih dari 400 planet.
Enam dari 32 planet baru yang ditemukan memiliki ukuran lebih besar dari Bumi. Sejauh ini sebagian besar planet baru yang ditemukan rata-rata berukuran setara dengan Jupiter atau bahkan lebih besar. Demikian keterangan yang dikutip dari AP, Selasa (20/10/2009).
Astronom Stephane Udry dari University of Geneva menyebutkan, hasil penelitian ini mendukung teori yang menyebutkan bahwa pembentukan planet merupakan fenomena umum yang terjadi.
"Saya sangat yakin bahwa ada planet seperti Bumi dimana saja. Alam tidak suka kekosongan. Jika ada tempat untuk menaruh planet di sana, maka akan ada planet yang menempati tempat-tempat tersebut," kata Udry.
Yang paling menarik dari hasil penemuan ini, para ahli astronomi menyebutkan bahwa sekira 40 persen bintang seperti matahari memiliki planet yang berukuran hampir sama dengan Bumi ketimbang Jupiter. Seperti kita tahu, massa Jupiter adalah 300 kali lebih besar dari Bumi.

Like the Post? Do share with your Friends.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar sahabat adalah Motivasiku!
Terima Kasih telah memberiku Motivasi!

IconIconIconFollow Me on Pinterest